Sunday, October 2, 2016

Mengenal Kristen Ortodoks Suriah


DUNIA HAWA - Saya pernah dengar gosip bahwa sekarang ada metode Kristenisasi dengan meniru-niru agama Islam. Tapi rupanya gosip itu berasal dari orang yang ga paham sejarah agama. Yang dimaksud sebenarnya adalah aliran Kristen Ortodoks Suriah yang sudah ada sejak abad 5 Masehi, lebih tua dari agama Islam yang lahir pada abad 6 Masehi. Jadi bukan Kristen Ortodoks yang meniru Islam bahkan malah ada sebagian kalangan yang mungkin menganggap sebaliknya. 

KOS (Kristen Ortodoks Suriah) merupakan salah satu sekte aliran Kristen yang ajarannya begitu persis dengan Islam, mulai dari cara berpakaiannya yang memakai peci/kopiah, baju koko, sajadah dan juga jilbab—sekilas terlihat sama. Terlebih lagi dalam tata cara peribadatannya, ajaran ini juga mengenal sholat, namun dengan 7 waktu, yaitu:

1. Sa’atul awwal (shubuh),
2. Sa’atuts tsalis (dhuha),
3. Sa’atus sadis (Zhuhur),
4. Sa’atut tis’ah (ashar),
5. Sa’atul ghurub (maghrib),
6. Sa’atun naum (Isya’),
7. Sa’atul layl (tengah malam/tahajud).

Selain tentang shalat, KOS juga memiliki pokok-pokok syari’at yang mirip sekali dengan Islam, misalkan:


1. KOS berpuasa selama 40 hari yang disebut shaumil kabir yang mirip puasa ramadhan.

2. KOS memiliki puasa sunnah pada hari Rabu dan Jum’at yang mirip dengan Puasa Sunnah senin dan kamis.

3. KOS mewajibkan kepada jama’ahnya berzakat 10% dari penghasilan kotor (bruto).

4. Kalangan perempuan KOS juga diwajibkan untuk mengenakan jilbab dan jubbah yang menutup aurat hingga mata kaki.

5. Pengajian KOS juga sering menggunakan tikar/karpet (lesehan), layaknya umat Islam yang sering mengadakan pengajian dengan hal semisal.

6. Mengadakan acara Musabaqoh Tilawatil Injil dengan menggunakan Al-kitab yang berbahasa Arab.

7. Mengadakan acara rawi dan shalawatan ala KOS mirip seperti apa yang dilakukan oleh sebagian kaum muslimin.

8. Mengadakan acara Nasyid, bahkan sekarang sudah ada Nasyid “Amin al-barokah“ dan Qasidah Kristen (dengan lirik yang mengandung ajaran Kristen dengan bahasa Arab).

Meski terlihat sangat santun dan membiasakan menggunakan bahasa Arab (seperti ana, antum, syukron, dan sebagainya), namun mereka tetaplah Kristen. Kitab suci mereka tetap-lah Alkitab, dan mereka juga tetap menuhankan Yesus dalam Trinitas. Hanya metodologi dakwah yang menyerupai umat Islam. Hal ini disebabkan KOS berasal dari Syiria. KOS tidak memakai 12 syahadat Iman Rasuli umat Kristen, tapi sebagai gantinya mereka memakai ”Qanun al-Iman al-Muqaddas”. Penggunaan istilah-istilah Islam sangat sering dijumpai, seperti ”Sayyidina Isa Al-masih” untuk penyebutan Yesus. Mereka juga memakai Injil yang berbahasa Arab (Al-Kitab Al-Muqaddas).

CARA SHALAT KRISTEN ORTODOKS SYRIA


1. Adapun tata cara salatnya dimulai dengan posisi berdiri yang dipimpin oleh seorang imam berpakaian jubah warna hitam. Imam meletakkan kedua tangan di dada, membuat tanda salib, lalu mengucapkan lafaz dalam bahasa Arab: Bismil Abi wal Ibni wa Ruhil Quddus Ilahu Wahid (Demi nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Allah Yang Maha Esa). Jamaah menyambutnya: Amin. 

2. Imam melanjutkan berdoa dengan mengangkat kedua tangan dan disahuti oleh jamaah. 

3. Setelah membuat tanda salib berikutnya, imam membungkukkan badan seperti posisi ruku, dan mengucapkan: Quddusun Anta, ya Allah (Kuduslah Engkau, ya Allah). Jamaah menyahut dengan menyucikan nama Allah Yang Mahakuasa, Yang Tak Berkematian. Jamaah memohon kasih sayang Allah yang telah disalibkan sebagai ganti umat manusia. 

4. Imam berdiri tegak dan menadahkan tangan lagi. 

5. Lalu imam bersujud, dan diikuti seluruh jamaah. Ketika bangun dari sujud, imam membaca Subhanaka Allahumma (Mahasuci Engkau, ya Allah), jamaah menyahut bersamaan. Sambil menadahkan tangan, imam dan jamaah membaca Doa Rabbaniyah (Doa Bapa Kami versi bahasa Arab). 

6. Selanjutnya dibaca Salam Walidatullah (atawa Salam Maria). 

7. Imam kemudian membaca petikan Zabur (alias Mazmur dalam bahasa Aramaik), dan salat pun berakhir.

Tengoklah saat mereka shalat. Selain berkopiah dan dipimpin seorang imam, bila berjamaah, juga memakai bahasa Arab. Rukun shalatnya pun nyaris sama. 

Ada ruku' dan sujud. Bedanya, bila kaum Muslimin diwajibkan shalat 5 kali sehari, penganut KOS lebih banyak lagi, tujuh kali sehari setiap tiga 3 jam masing-masing dua rakaat. Mereka menyebutnya: sa'atul awwal (fajar/shubuh), sa'atuts tsalis (dhuha), sa'atus sadis (dhuhur), sa'atut tis'ah (ashar), sa'atul ghurub (maghrib), sa'atun naum (Isya'), dan sa'atul layl (tengah malam). 

Hal yang sama juga pada praktik puasa. Puasa wajib bagi pemeluk Islam dilakukan selama sebulan dalam setahun, dikenal dengan shaumu ramadhan. Sedang pada KOS disebut shaumil kabir (puasa 40 hari berturut-turut) yang dilakukan sekitar bulan April. Jika dalam Islam ada puasa sunah Senin-Kamis, pada KOS dilakukan pada Rabo-Jum'at, dalam rangka mengenang kesengsaraan Kristus. 
Selain shalat dan puasa, jamaah KOS juga mengenal ajaran zakat. Zakat, dalam ajaran KOS, adalah sepersepuluh dari pendapatan bruto. 

Tidak sebatas itu saja. Kalangan perempuan pemeluk KOS, juga mengenakan jilbab plus pakaian panjang ke bawah hingga di bawah mata-kaki. Pemeluk KOS mempertahankan Kitab Injil berbahasa asli Arab-Ibrani: Aram, sebagai kitab sucinya. Model pengajian yang dilakukan pemeluk KOS juga tidak berbeda jauh dengan ala pesantren di Indonesia. Mereka melakukan dengan cara lesehan di atas tikar atau karpet. Ini tidak pernah didapati pada 'pengajian' pemeluk Kristiani di Indonesia yang lazim duduk di atas kursi atau balkon. 

Di antara kedua agama (Islam dan KOS) memang mempunyai kesamaan sejarah, etnis serumpun, dan kultur (budaya). Adanya Pan-Arabisme di Timur Tengah, misalnya, ternyata bukan ansich milik kalangan Muslim. Pemeluk KOS pun, turut memiliki Pan-Arabisme itu. Salah satunya, kalangan KOS turut menyesalkan sikap Israel yang hingga sekarang ngotot menduduki jalur Ghaza milik penduduk Palestina. 

Menurut Prof Dr Nurcholis Madjid, agama Nasrani itu makin klasik makin banyak kemiripannya dengan Islam. "Aliran KOS itu justru lebih murni ketimbang Kristen yang berkembang di Barat,". Sementara Jalaluddin Rahmat, tidak merasa kaget terhadap adanya banyak kesamaan antara Islam dengan KOS. Pada zaman dulu, orang-orang Islam di Yordania, Syria, dan Lebanon hidup berdampingan dengan orang-orang Kristen, yang dikenal dengan Kristen Monorit. Mereka melakukan tatacara peribadatan hampir mirip dengan cara beribadah umat Islam.

[muhammad zazuli]

Muridku Adalah Guruku


DUNIA HAWA - Bagi banyak guru, murid adalah murid. Banyak guru yang hanya mau "mengajar" saja, tidak mau "belajar". Tapi bagiku, murid adalah guru. Saya tidak hanya "mengajar" tapi juga "belajar". Mereka bukan hanya "murid" tetapi juga "guru" buatku (tepatnya "guru budaya") yang mengajariku berbagai tradisi dan budaya mereka. 

Karena muridku dari berbagai suku Arab, baik Arab Saudi maupun kawasan Arab lain di Timur Tengah, maka saya mendapatkan berbagai informasi yang sangat kaya-raya dan "eksklusif" tentang keanekaragaman tradisi dan budaya mereka yang tidak saya dapatkan di tempat lain, di berbagai literatur dan sumber tulisan.

Saya selalu mendesain kelas-kelasku seperti model workshop yang santai tapi serius. Saya selalu tegaskan tentang pentingnya proses belajar-mengajar dimana setiap dari kita bisa memberi pendapat, gagasan, dan informasi. Meski begitu ada "aturan main" atau "kode etik" yang tidak boleh dilanggar, misalnya harus saling menghormati setiap pendapat dan ekspresi kebudayaan orang lain. Pula, tidak boleh saling mengklaim kebenaran, tidak boleh mengafir-sesatkan kelompok lain, tidak boleh merasa superior dari orang lain, dlsb. Etnosentrisme adalah haram di kelasku.

Saya tidak hanya mendapat informasi di dalam kelas saja tetapi juga di kantor (seperti dalam foto ini dimana muridku sedang menuturkan berbagai perbedaan antara kultur Saudi dan kultur Bahrain) dan tempat-tempat publik lain di kampus, termasuk di kantin. Sering mahasiswa datang ke kantor untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan berbagi informasi apa-saja menyangkut suku-suku mereka maupun masalah sosio-kultural dalam komunitas mereka. Dari keterangan merekalah saya bisa memproduksi berbagai tulisan akademik di jurnal dan buku maupun tulisan populer di koran.

Sudah tentu bukan hanya saya yang mendapatkan berbagai informasi tentang perkembangan "dunia Arab". Mereka juga mendapatkan berbagai informasi tentang "dunia Indonesia" atau Asia Tenggara. Intinya kita saling belajar dan menghargai keanekaragaman. Saya sungguh berharap kelak, para muridku bisa memberi kontribusi positif bagi negara dan masyarakat mereka, menjadi bagian penting dalam proses perubahan sosial-kultural yang sedang mengglobal di kawasan Arab dan Timur Tengah. 

Jabal Dhahran, Arabia

Prof.Dr.Sumanto al Qurtuby, MSi, MA
Staf Pengajar Antropologi Budaya di King Fahd University of Petroleum and Minerals, Arab Saudi

Kekerasan Geng Motor Cewek Bali



DUNIA HAWA - Ini terjadi pada awal tahun 2012, dunia maya digegerkan dengan beredarnya video kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja putri di bawah umur. Kelompok geng putri ini berkendaraan motor dengan merek yang sama. Kekerasan dimulai dengan aksi interogasi sejumlah remaja putri terhadap seorang remaja putri berbaju ungu. Dilanjutkan dengan aksi yang lebih brutal yaitu dengan aksi pemukulan oleh remaja putri yang berbaju hijau. Aksi lebih sadis terekam saat salah seorang anggota geng berbaju kuning mengeluarkan gunting dan mulai menggunting pakaian sang korban. Dengan pakaian compang camping si korban hanya bisa menangis dan memohon agar rambutnya tidak ikut dipotong. Aksi kekerasan berakhir saat terdengar suara seorang wanita yang menghardik dari kejauhan yang membuat geng motor cewek berhamburan kabur diiringi teriakan minta tolong dari si korban remaja putri berpakaian ungu.









Terkait dengan peristiwa Kekerasan Remaja Putri ABG Bali, Kepolisian Daerah Bali masih mempelajarinya. Sementara ini dugaan kuat, persitiwa itu terjadi di wilayah Denpasar dengan melihat plat nomor yang digunakan pelaku yakni, DK 7993 CY dan DK 7904 CH. “Kami akan mendalami Video Kekerasan Remaja Putri ABG Bali ini” kata Juru Bicara Polda Bali, Komisaris Besar Hariadi.

Video kekerasan Remaja Putri serupa dulu pernah beredar di Pati dengan pelakunya pelajar wanita yang menamakan dirinya Geng Nero alias neko-neko (macam-macam) dikeroyok. Para pelaku lalu meninggalkan korban yang sudah tidak berdaya. Belum diketahui lokasi pembuatan video yang diduga diambil menggunakan telepon genggam itu. Video ini sempat diunggah di YouTube, dan karena video ini mengandung konten kekerasan video ini lantas dihapus oleh pihak YouTube.


[dh©]

Tips Atasi Kelelahan Menjadi Ibu Baru


DUNIA HAWA - Kini  bayi mungil telah hadir di dunia, perjuangan ibu dalam menjaga dan merawat kehamilan serta dalam proses persalinan yang berjuang berat terbayar sudah dengan kehadiran bayi anda yang sangat mempesona dan mengagumkan. Akan tetapi perjuangan anda setelah proses persalinan tidak terhenti begitu saja melainkan banyak sekali perubahan yang harus dialami dalam masa nifas dan menyusui. Sehingga penting sekiranya bagi anda yang mengalami kehamilan pertama untuk membekali diri dengan pengetahuan pasca persalinan termasuk kelelahan menjadi ibu baru.

Permasalahan yang sering kali terjadi pada ibu baru setelah melahirkan adalah permasalahan terkait dengan proses persalinan kemudian aktivitas yang berhubungan dengan menyusui dan yang terakhir adalah masalah nifas. Pada saat menjadi ibu baru seringkali mengalami rasa letih yang luar biasa. Hal ini wajar dialami akan tetapi apabila terus berlanjut akan mempengaruhi dalam merawat anak anda. Ketidaknyamanan dari rasa letih yang berkepanjangan akan membuat anda kesulitan dalam beradaptasi dalam membesarkan bayi anda.

Rasa letih pada ibu baru dapat disebabkan karena kurang terpenuhinya istirahat malam hari apalagi untuk ibu baru yang harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan sikecil yang masih belum teratur untuk minum susu dan juga kebiasaan terbangun di malam hari. Selanjutnya rasa letih dapat terjadi dikarenakan tiroid yang kurang aktif atau dikenal dengan istilah hypothyroidism. Fungsi dari hormon tiroid yaitu untuk mengatur kecepatan metabolisme. Kondisi ini yang menyebabkan metabolisme menjadi lambat sehingga seringkali anda merasakan kelelahan.

Terakhir penyebab kelelahan adalah adanya alergi terhadap makanan tertentu, seperti misalnya terjadi intoleransi makanan ringan yang membuat sering kali anda mengantuk, bukti ini merupakan menunjukan adanya intoleransi makanan sebagai penyebab kelelahan sehingga merupakan peringatan awal bagi tubuh yang sedang terjadinya intoleransi makanan. Untuk kelelahan yang terjadi sebaiknya anda menghindari makanan yang merasakan mengantuk dalam waktu 10-30 menit setelah menganutnya. Keletihan setelah melahirkan membuat anda menjadi sulit untuk beradaptasi dan ketidaknyamanan sehingga anda dapat mengurangi dengan melakukan usaha-usaha ini.

Berikut dalam mengatasi kelelahan setelah melahirkan :


1. Curi waktu di sela istirahat bayi


Pergunakan waktu sebaik mungkin ketika anda menjadi ibu baru, anda dapat mencuri waktu istirahat bayi anda di siang hari dengan bersama untuk beristirahat kemudian di malam hari anda dapat meminta bantuan suami anda ketika malam hari ketika bayi anda terbangun. Dengan begitu peranan anda dan juga suami dapat terbagi dengan tugas tugas yang baik.

2. Dapatkan tidur yang berkualitas


Usahakan untuk dapat tidur berkualitas ketika bayi anda sudah tertidur di malam hari, anda dapat membiasakan menggunakan lampu tidur ketika bayi sudah tertidur sehingga bayi anda dapat terbiasa membedakan siang dan malam dan mempunyai jadwal tidur yang tepat sehingga tidak mengganggu waktu tidur yang berkepanjangan.

3. Sempatkan untuk sarapan


Biasanya ibu baru seringkali meninggalkan sarapan karena beberapa alasan diantaranya adalah sibuk mengurus anak di pagi hari padahal sarapan merupakan kebiasaan terpenting yang harus dilakukan oleh ibu baru dalam menjaga asupan nutrisi. Lengkapi kecukupan karbo dan protein serta vitamin yang dapat mendukung anda dalam melakukan aktivitas sehingga tidak terjadi kelelahan.

4. Perbanyak Cairan


Kelelahan dapat pula disebabkan karena kurangnya asupan cairan sehingga cepat lesu. Apabila kelelahan disebabkan karena kurang cairan biasanya ditandai dengan perubahan urine sehingga yang terbaik adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan harian yaitu delapan gelas setiap hari.

[dh©]

Betulkah Pilihan Rasa Saat Ngidam Berpengaruh pada Kelamin Bayi?


DUNIA HAWA - Ibu hamil yang sering ngidam makanan yang berasa manis seperti cokelat atau es cream sering kali memiliki anak yang perempuan sedangkan untuk ibu hamil yang sering ngidam makanan asin lebih cenderung mengandung anak laki-laki ? Betulkah hal tersebut terjadi atau hanya sekedar mitos yang berkembang di masyarakat. Baiklah pada artikel ini kami akan memberikan pengetahuan seputar ngidam yang sering kali dialami oleh ibu hamil. Ngidam sering kali digambarkan dengan keadaan ibu hamil yang menginginkan sesuatu yang 'aneh'.Ngidam apabila dipandang dari segi emosi adalah keadaan yang tidak stabil pada ibu hamil dipengaruhi oleh perubahan hormonal, perubahan fisik dan psikis pada ibu hamil.

Sampai saat ini penyebab timbulnya ngidam pada ibu hamil tidak dapat dijelaskan secara pasti. Meskipun secara ilmu medis bahwa ngidam tidak mendapatkan menempatan yang khusus, akan tetapi fenomena ngidam di masyarakat seakan telah mendapatkan perhatian ketika masa kehamilan. Istilah ngidam seakan telah sepaket dengan masa kehamilan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi oleh masyarakat. Meskipun demikian ada juga yang mengatakan bahwa ngidam adalah salah satu pengaruh psikis yang dialami oleh ibu hamil untuk mendapatkan perhatian dari suaminya apalagi bila suami memiliki kesibukan dalam karirnya. Sedangkan pengaruh dari perubahan hormonal ditandai dengan gejala mual dan muntah (morning sickness) yang seringkali dipicu oleh peningkatan hormon yang mengakibatkan keinginan untuk mendapatkan makanan yang dapat diterima oleh tubuh anda.

Adapula yang menjelaskan bahwa ngidam dipengaruhi juga oleh kebutuhan nutrisi di dalam tubuh, apabila anda ngidam buah mangga berarti tubuh anda sedang membutuhkan vitamin C. Sehingga untuk ibu hamil yang menginginkan beberapa makanan tertentu, hal tersebut berkaitan dengan kurangnya asupan nutrisi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun perasaan ngidam sering kali muncul pada awal kehamilan akan tetapi ternyata ngidam akan berlangsung selama kehamilan anda. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dikutip dari parents, keinginan mengkonsumsi makanan dengan rasa tertentu akan berbeda beda sesuai dengan usia kehamilan.

Pada trimester pertama jadi lebih peka terhadap rasa pahit meskipun demikian hal tersebut dikarenakan insting untuk melindungi janin di dalam kandungan pada tumbuhan yang memiliki rasa getir dan pahit. Sedangkan pada masa kehamilan memasuki trimester kedua hingga trimester akhir berhubungan dengan rasa asam. Hal ini dikarenakan kebutuhan jenis makanan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sedangkan bagi ibu hamil yang menyukai makanan rasa asin berhubungan dengan peningkatan kebutuhan sodium.

Ngidam membuat repot anggota keluarga, suami bahkan anda sendiri apabila keinginan tidak dituruti. Meskipun sering kali ibu hamil menyadari bahwa keinginan 'aneh' tersebut tidak harus dituruti akan tetapi terkadang membuat kekecewaan. Pada umumnya apabila ibu hamil ngidam sesuatu jenis makanan yang tidak membahayakan kesehatan janin dan ibu, boleh saja dituruti. Hal aneh yang biasanya tidak terduga bagi ibu hamil yang tidak biasa mengkonsumsi kafein seperti kopi jadi lebih sering mengkonsumsi kopi bahkan hingga memiliki keinginan lebih dari tiga gelas perhari. Sebaiknya keinginan seperti itu tidak dituruti dikarenakan akan menggangu perkembangan janin anda. Dengan demikian bahwa mitos dimasyarakat yang berhubungan dengan ngidam yang dapat menentukan jenis kelamin bayi tidak benar begitu juga dengan ‘ngeces’ yang sering kali dialami oleh bayi dikarenakan tidak dituruti keinginan ibu hamil juga tidak benar.

[dh©]

Surat Tantangan Denny Siregar Kepada Para Buruh


DUNIA HAWA - Akun dan message saya diamuk mereka yang menamakan dirinya Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia atau FSPMI.

Mereka menamakan dirinya sebagai Garda Metal. Entah apa hubungannya dengan musik Heavy Metal. Mereka ngamuk karena tulisan saya dianggap menghina mereka dengan sebutan pasukan nasi bungkus. [Lihat]

Saya heran, kenapa mereka ngamuk?


Jika memang bukan panasbung, semestinya tidak perlu ngamuk. Kalau ngamuk, ya pasti merasa... Tersinggung ketika apa yang selama ini tersimpan rapat, dibuka selebar- lebarnya.

Biar para buruh yang lain tahu, bahwa si grup musik Garda Metal itu tidak layak menamakan diri mewakili semua buruh. Banyak buruh yang cerdas dan tidak mau ditunggangi kelompok kelompok yang mengatas-namakan buruh tapi sebenarnya aspirasi mereka lebih mengikuti partai partai tertentu.

Apakah kalian wahai organisasi yang mengatas-namakan buruh berani bilang bahwa kalian bebas dari kepentingan partai politik tertentu ?

Beranikah ?

Layakkah kalian wahai organisasi yang mengatas-namakan buruh berkata bahwa perjuangan kalian murni untuk memperjuangkan buruh jika para petinggi kalian terkait erat dengan partai tertentu?

Tanya nurani kalian. Jangan bohongi hati kecil kalian.

Kalian bicara bahwa kalian hidup dari iuran para buruh, tapi kalian membelokkan niat buruh yang benar yang ingin memperbaik kualitas hidupnya, hanya untuk kepentingan sebagian golongan...

Dan kalian dengan bangga berkata "Atas nama buruh"?

Banyak buruh yang malu terhadap aksi kalian. Banyak buruh yang tidak sependapat dengan kalian. Banyak buruh yang cerdas dan tidak sepakat dengan kalian. Tapi kalian tindas. Kalian berbicara sebagai kaum yang tertindas, tapi kalian menindas..

Mereka lebih baik diam daripada berurusan dengan kalian. Kalian bodohi banyak buruh untuk kepentingan kalian.

Jika kalian perduli buruh, kenapa kalian tidak sibuk meningkatkan skill para buruh supaya kelak mereka tidak menjadi buruh?

Jika kalian perduli buruh, kenapa kalian tidak sibuk merevolusi mental para buruh supaya mereka seumur hidup tidak selalu bergantung pada perusahaan?

Kenapa kalian tidak membangun iuran itu untuk membentuk koperasi dan memberikan modal kepada buruh supaya mereka bisa berwiraswasta?

Kenapa kalian tidak menanamkan kepada para buruh supaya mereka satu waktu harus berdiri di kaki sendiri, sebelum tiba waktu tenaga manusia digantikan teknologi?

Tanya kenapa?

Karena jika mereka cerdas, kalian yang selama ini sibuk hidup dengan iuran buruh tidak punya sumber pendapatan. Organisasi kalian kering kerontang, tidak ada yang bisa dibuat jualan...

Bangkitlah para buruh yang cerdas. Lawan pembodohan...

Kalian berhak atas hidup kalian sendiri, tidak terikat dengan kepentingan organisasi.

Berorganisasilah jika organisasi itu benar benar memperjuangkan hidup kalian, meningkatkan taraf hidup kalian dan membangun kemandirian kalian.

Kalian tidak selayaknya selalu sibuk demo minta naik tunjangan. Sudah dinaikkan, minta naik lagi tanpa ukuran. Kalian ini buruh yang berakal, jangan mau dibentuk menjadi pengemis seumur hidup kalian.

Merdekakan hidup kalian..

Jika organisasi tidak mewakili aspirasi kalian, rebut organisasi sebagai kewajiban bahwa kalian bertanggung jawab terhadap pembodohan massal yang selama ini menjadi budaya yang mengerikan..

Hormat saya pada pasukan biru. Hormat saya pada pasukan oranye di DKI Jakarta. Hormat saya pada kalian yang buruh tetapi benar benar bekerja nyata dan menolak segala hal yang memanfaatkan nama kalian.

Sudah, saya capek nulis mulu. Mana belum ngopi. Kalian menghabiskan saya punya energi.

"Bu, nasi bungkus dua. Yang rendang karetnya tiga !!"

[denny siregar]

Launching Produk Baru : Anies Baswedan


DUNIA HAWA - “ Pak Anies Baswedan, kami meminangmu untuk jadi Cagub dari partai kami. Kami sadar kami tidak punya kader yang populer dan dicintai rakyat. Jadi kalo kami nekad mengusung kader sendiri jelas kami rugi karena pasti bakal gigit jari ga kebagian roti. Pahamilah bahwa saat ini kami sedang mengelola bisnis dan industri agama yang pasarnya banyak sekali di negeri ini. Dengan sedikit tehnik marketing dan manajemen promosi kami yakin kami masih bisa untung dan dapat profit tinggi.

Maafkan kami kalo dulu kami sempat menuding Anda sebagai antek liberal dan antek syiah. Itu karena saat itu Anda berada di kubu musuh dan kompetitor bisnis kami. Tapi karena sekarang kami sedang butuh untuk bisa menjual dan memanipulasi Anda maka mohon Anda maklumi dan maafkan saja statemen kami yang dulu. Dulu senior Anda, Nurcholish Madjid juga kami tuding sesat, munafik dan antek liberal. Tapi karena tidak menguntungkan bagi kami ya kami tetap tidak tarik tudingan itu. Beda dengan Anda.....

Pokoknya Anda tidak perlu khawatir karena kamilah yang punya hak untuk menentukan mana yang halal dan mana yang haram. Kamilah yang punya otoritas untuk menentukan mana yang dapat jatah sorga dan mana yang kafir. Pokoknya apapun yang menguntungkan bagi kami maka itulah yang halal sedang apapun yang merugikan bagi kami maka itulah yang haram. Kami juga akan selalu konsisten menakut-nakuti orang-orang bodoh itu dengan slogan “pilih kafir masuk neraka” biar dagangan kami laku terus. Pokoknya kalo kami sudah berniat menjual seseorang maka akan kami bela terus orang itu sampai ke lubang kubur. Soalnya ini juga berhubungan dengan urusan dapur kita juga kok.


Yang terakhir pak Anies, Anda harus paham dengan pola dan aturan main kami. Jangan tulari kami dengan pola pikir yang santun, cerdas dan toleran karena gaya itu berbeda dengan gaya audiens dan konsumen setia kami. Kalo bisa justru Anda yang beradaptasi dan mengikuti gaya dan pola kami. Percayalah, kami sudah terjun di bisnis dan industri ini cukup lama. Bahkan sudah ada banyak cabang bisnis kami di luar negeri. Dan ternyata konsep dan metode marketing ini masih cukup manjur dan menguntungkan kok. Buktinya kami masih bisa bertahan dan masih punya pengaruh di negeri ini.

Sebagai penutup ingin kami sampaikan sesuatu kepada Anda. Anda jangan GE ER dengan pengusungan kami ini. Sebenarnya kami juga tidak terlalu suka dengan Anda kok. Apalagi ideologi Anda beda jauh dengan ideologi kami. Hanya kepentingan bisnis saja yang memaksa kami untuk bisa menjual dan memanipulasi Anda. Kalo ternyata Anda masih juga tidak laku dan trik marketing kali ini gagal kami juga masih tidak kehilangan cara dan akal kok. Kami akan cari orang lain lagi yang bisa diajak negosiasi dengan syarat pokoknya bisa menguntungkan kami. Anda tahu sendiri kan dengan keajaiban dan kepiawaian kami dalam berakrobat dan berjungkir balik? Kami bahkan tidak malu untuk menjilat muntahan kami sendiri asalkan hal itu menguntungkan bagi kami. “

Salam Edan

[muhammad zazuli]


Ahok Luar Biasa...!


DUNIA HAWA - Selain Jokowi, pemimpin yang bikin negara ini hingar bingar dan serasa mau pecah adalah Ahok. Meskipun muslim dan pribumi tapi Jokowi pernah dituding kafir, PKI, kristen, keturunan Cina hingga antek asing dan antek aseng. Tidak tanggung-tanggung, yang nuding ini adalah kelompok yang “paling suci” dan “pemilik kunci sorga” di Endonesah. Mungkin di Pilpres 2019 Jokowi juga akan dituding sebagai makhluk alien yang menyamar di Indonesia untuk menghancurkan manusia bumi wkwkwkw.....

Nah sekarang Ahok juga mengalami nasib yang sama bahkan mungkin lebih asyik dan lebih rame lagi dibuat jadi sasaran tembak. Secara do’i kan non muslim dan non pribumi gituh looh..... Tapi uniknya kita bisa melihat golongan agama mana yang anti Ahok dan golongan mana yang pro Ahok. Ulama yang pro Ahok ternyata juga adalah yang pro Jokowi (kelompok NU) sedang “ulama” yang anti Ahok ternyata juga adalah anti Jokowi alias golongan KMPreeeettt...... (kelompok Wahabi)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Selama beliau adil dan berpihak kepada rakyat, itulah gubernur kita semua,” kata Said saat ditemui di Masjid An-Nadhlah Rahmah Nusantara, Ciracas, Jakarta Timur. Menurut dia, ukuran memilih pemimpin yang baik adalah keadilan, kejujuran, dan amanah. “Bukan agama,” ujarnya

Mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama, Nusron Wahid, juga mengatakan mendukung Ahok. Alasan Nusron mendukung Ahok adalah karena Ahok memiliki program konkret dan keberanian melawan ketidakbenaran. "Saya belum tentu punya nyali seperti beliau. Saya termasuk orang berani, tapi enggak punya nyali seperti beliau. Saya menghormati yang punya nyali," ujar Nusron. Nusron menilai, sejak dipimpin Ahok, Jakarta banyak mengalami perubahan. Selain itu, Ahok dinilai berani dalam menegakkan aturan. Nusron juga melihat kinerja Ahok terbilang rapi dan konsisten. Ia telah membuktikannya setelah melihat gorong-gorong dan saluran air yang lebih rapi. Selain itu, masih banyak lagi program yang dinilainya membawa perubahan bagi Jakarta.

Di sisi lain ketua FPI Habib Rizieq justru sangat membenci Ahok. Dia pernah mengatakan, Ahok harus diturunkan sebagai Gubernur DKI. "Ahok harus diusir dari Jakarta," katanya. Sementara itu Sekretaris Jenderal DPP FPI Jakarta Habib Novel Chaidir Hasan Bamu'min juga menyerukan kepada massa untuk melawan Ahok. Dia berkata ‎"Yang tidak berani melawan Ahok akan masuk neraka. Salatnya, ibadahnya tidak akan diterima Tuhan. Hati-hati saudara.‎ Lawan Ahok sampai darah penghabisan, tidak usah takut," ujar dia. ‎Novel juga mengeluarkan cacian kepada Ahok.

Ustadz artis dan Pimpinan Majelis Zikir Az-Zikra Ustadz M. Arifin Ilham, juga menolak Ahok. Bahkan dia malah mendukung Habib Rizieq untuk menjadi Presiden RI. “Beliau (Habib Rizieq) lah yang paling layak memimpin, beliau doktor dibidangnya. Beliau seorang pengamal dalam syariah, terbukti,” kata Ustadz Arifin Ilham di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor. “Kalau beliau (Habib Rizieq) jadi presiden, Arifin mendukung bulat. Gede-gede bulatnya, biar presiden tahu,” pungkasnya.

Ustadz artis lain yaitu Felix Siauw juga mendukung penuh aksi-aksi yang menuntut Ahok mundur jadi gubernur DKI Jakarta karena menurutnya menuntut mundur Ahok yang non Muslim dari gubernur Jakarta merupakan bagian dari Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar. Acara dakwah “Damai Indonesiaku” yang ditayangkan oleh stasiun TV ONE pada tanggal 30 Juli 2016 pukul 16.36 WIB juga menampilkan ustadz Jujun Junaedi yang dengan tegas menyatakan "Memilih pemimpin kafir hukumnya haram".

Mantan ketua Muhammadiyah Amien Rais bahkan menyebut Ahok sebagai Dajjal dan jangan dipilih saat Pilkada DKI Jakarta pada 2017. "Ahok ini sombongnya menyundul langit. Jadi jangan sampai nanti si dajjal ini menang," kata Amien saat berorasi di acara Rapat Akbar di Tanjungpriok, Jakarta Utara, Minggu (18/9/2016). Fahri Hamzah yang pernah mengatakan Jokowi sinting juga banyak melancarkan kritik pedas buat Ahok.

Tidak itu saja, ustadz artis kondang lain yaitu Aa Gym juga melarang umat Islam memilih pemimpin Kristen seperti Ahok. Abdullah Gymnastiar dalam salah satu ceramahnya menyampaikan bahwa umat Islam tidak boleh memilih Ahok untuk menjadi pemimpin karena berbeda keyakinan. Ustadz Khalid Basalamah juga mengatakan jangan pernah sekalipun pilih pemimpin non muslim. Ustadz Yusuf Mansur juga masuk dalam barisan yang sama.

Nah kalo sudah gini gimana coba? Ahok sungguh luar biasa karena mampu bikin banyak orang geger dan kebakaran jenggot. Mungkin kita perlu bertanya pada kyai Mukidi soal “kecap mana yang nomer satu” wkwkwk....

[dh©]

Pelangi Spiritual


DUNIA HAWA - Ilmuwan fisika klasik terbesar dalam sejarah Isaac Newton (1642-1727) adalah orang yang pertama kali menyelidiki mengapa cahaya putih dapat menghasilkan spektrum warna pelangi. Newton melakukan eksperimen untuk menyelidiki hal ini. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh Isaac Newton, ia menemukan bahwa sinar matahari yang melewati sebuah prisma dapat tercerai menjadi warna-warna yang merupakan komponen sinar matahari tersebut. Proses ini disebut sebagai dispersi. Sinar matahari dapat terdispersi menjadi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Seperti yang kita ketahui bahwa cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi sebagai warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air hujan. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. 

Sesungguhnya ini jugalah yang terjadi di alam semesta kita, baik alam semesta yang termanifestasi secara fisik maupun alam semesta yang tak termanifestasi secara fisik. Ada dimensi jasmani namun juga ada dimensi rohani. Alam rohani ibarat cahaya putih matahari sedang alam jasmani ibarat 7 warna pelangi. Ada banyak agama di dunia ini namun Kebenaran Sejati adalah Tunggal dengan nama apapun dia disebut oleh 4.200 agama-agama yang ada ataupun pernah ada di dunia ini. Jiwa manusia (Universal Conciousness) juga adalah Tunggal meskipun spesies manusia terbagi dalam berbagai ras, suku ataupun warna kulit yang berbeda. Ketahuilah bahwa Hidup Sejati Adalah Tunggal.

Dari ilmu fisika kuantum kita juga mengetahui bahwa saat ini diperkirakan ada 10 pangkat 80 (bilangan 10 dengan 80 angka nol di belakangnya) partikel yang ada di alam semesta ini. Tapi apa yang tampak sebagai sejumlah partikel yang berbeda pada energi rendah, ternyata semuanya sebenarnya adalah partikel yang sama tipenya, hanya keadaannya yang berlainan. Pada energi tinggi yang jauh di atas 100 Gev (giga elektrovolt atau satu milyar elektronvolt) semua partikel itu memiliki perilaku yang sama ! Dari sini muncullah konsep fisika modern tentang “kesatuan dasar alam semesta”.

Cahaya putih matahari juga bisa diibaratkan sebagai spiritualitas sedang 7 warna pelangi bisa diibaratkan sebagai religiusitas / keagamaan. Spiritualitas dan religiusitas adalah dua hal yang berbeda dan memiliki tolok ukur serta standar yang berbeda. Ada orang yang memiliki sikap keagamaan yang tinggi tapi memiliki kecerdasan spiritual yang rendah. Ada pula orang yang sikap keagamaannya biasa-biasa saja tapi memiliki kedewasaan spiritual yang tinggi. Agama lebih berhubungan dengan simbol, doktrin/dogma, aturan dan hal2 eksoterik (lahiriah) lainnya. Sedang spiritual lebih berhubungan dengan makna, esensi, hakikat dan hal2 esoteris (batiniah) lainnya. 

Mempelajari agama berarti hanya belajar satu sisi, satu pola pikir ataupun satu sudut pandang saja dari satu konsep ideologi di antara ribuan konsep dan ideologi lainnya yang ada di muka bumi. Mempelajari spiritualitas berarti mempelajari nilai, prinsip dan makna dari semua agama dan filsafat yang ada. Agama ibarat sebuah lukisan sedang spiritualitas ibarat ruangan dimana lukisan-lukisan tersebut dipajang. Agama adalah bentuk (raga) sedang spiritualitas adalah makna (jiwa). Belajar agama tanpa mempelajari spiritualitas maka hanya akan menjadi dogma yang kering dan tanpa makna dan tidak mengubah hati dan jiwa bahkan bisa menjurus pada penguatan ego yang berujung pada kekerasan, sikap menghakimi dan diskriminasi.

Itulah sebabnya saya paling anti dan paling muak dengan kelompok yang hobi mengkafirkan orang atau kelompok lain terutama di saat masa kampanye politik seperti sekarang ini. Bagi saya mereka ibarat orang yang minum kopi tapi justru menelan cangkirnya dan membuang kopinya. Mereka juga seperti orang yang menelan kulit durian tapi justru membuang buahnya. Mereka inilah kelompok orang yang gagal paham dalam menafsirkan hakikat agamanya. Mereka hanya membaca teks formal keagamaan saja tapi lupa mengasah akal sehat dan hati nuraninya. Padahal “Kitabira ana ing kalbu. Qalbun mukmin Baitullah.” (Kitab sejati ada di hati. Hati orang yang benar adalah Rumah Tuhan.)

Dengan memahami prinsip “Pelangi Spiritual”, “Kesatuan Dasar Alam Semesta” dan “Hidup Adalah Tunggal” maka kitapun akan bisa memahami prinsip Persaudaraan Universal. Dan dengan pemahaman ini maka kitapun akan bisa dengan tegas dan lugas menyatakan misi :

“To form a nucleus of the universal brotherhood of humanity without distinction of race, creed, sex, caste, or color.” ( Mengupayakan terciptanya inti persaudaraan universal di antara sesama umat manusia tanpa memandang dan membedakan suku bangsa, ras, religi / kepercayaan, jenis kelamin, status sosial ataupun warna kulit. )

Semoga seluruh makhluk berbahagia. Rahayu sagung dumadi. Rahmatan lil alamin.....

[muhammad zazuli]

Manusia Abadi : Padmasambhava


DUNIA HAWA - Beberapa legenda manusia abadi dari berbagai tradisi mistik seperti Nabi Khidir dalam tradisi mistik Islam, Melkisedek dalam Nasrani, Elia dalam tradisi mistik Yahudi, Babaji Nagaraj dalam tradisi kriya yoga Hindu serta Saint Germain dalam spiritualisme New Age. Manusia abadi dalam tradisi mistik Buddhisme Tibet atau aliran Vajrayana / Tantrayana. 

Salah satu “Manusia Abadi” yang dikenal dalam agama Buddha adalah Padmasambava, pendiri aliran Vajrayana atau Tantrayana Tibet. Selain beliau juga ada banyak Bodhisatva (Makhluk Suci) abadi yang lain seperti Dewi Kwan Im, Ksitigarbha, Vajrapani dan lain sebagainya. Disini saya akan sedikit menyampaikan kisah tentang Guru Besar Padmasambava yang hingga kini juga masih menjadi misteri.

Tentang awal kehidupan Padmasambava ada dua versi. Yang pertama konon beliau ditemukan oleh seorang raja sebagai seorang bayi di atas sebuah kuntum teratai di danau Danakosha di utara India (sekarang dikenal sebagai Swat Valley di Asia Selatan atau Pakistan). Sang raja kemudian membawanya pulang dan mengangkatnya sebagai seorang anak. Nama Padmasambhava yang umum dikenal di Tibet adalah Pema Jungney, terjemahan dari bahasa Sansekerta, Padmakara, yang artinya : “berasal dari sekuntum teratai”. 

Versi lain mengatakan dia terlahir pada tahun 475 SM (atau 8 tahun setelah Parinirvana Sang Buddha) sebagai putra Raja Mahusita dari Uddiyana dan diberi nama Danrakshita. Setelah dewasa beliau berkeinginan meninggalkan istana untuk belajar dan mempraktekkan Dharma, akan tetapi orangtuanya tidak memperbolehkannya sehingga ia melakukan perbuatan yang melanggar hukum negara dan dibuang sebagai orang hukuman sehingga akhirnya beliau bisa bebas leluasa untuk belajar Dharma.

Beliau kemudian diupasampada oleh Yang Arya Ananda, salah satu murid utama Sang Buddha pada tanggal 10 bulan 2 penanggalan lunar. Beliau juga mendapatkan abhiseka di bawah pandita Shakyabodhi, dan diberi nama Shakya Senge. Beliau berguru pada banyak guru antara lain : Manjushrimitra, Nagarjuna, Vimalamitra, Vima Nyingthig dan berguru pada Shri Simha selama 25 tahun dan mempelajari Sadhana 9 Tingkat Dzogchen. Padmasambhava menggabungkan semua ilmu itu dan melatih diri dengan keras di Sitavana hanya dengan mengenakan kain kafan. Di Sitavana beliau mendapatkan kesaktian dan pencerahan agung yang sempurna. Beliau kemudian menjadi pemimpin dari 500 pandita besar dan dikenal sebagai Padmasambhava, Sang Putra Teratai.

Kemudian pada tahun 760 M, Raja Trison Detsen, raja ke-38 dari Dinasti Yarlung dan Kaisar pertama Tibet (742-797) yang mengetahui kesaktian luar biasa Padmasambhava lalu mengundangnya ke Tibet. Guru Padmasambhava yang saat itu telah berumur lebih dari 1000 tahun itupun datang ke Tibet. Padmasambhava lebih dulu memberikan penghormatan pada raja, namun begitu memberikan penghormatan, jubah kebesaran sang raja hangus terbakar. Saat itu, semua hadirinpun tahu siapa yang lebih agung. 

Di Tibet, Guru besar ini menaklukkan semua Mara siluman dan Mara sesat di seluruh Tibet dan kemudian mentahbiskan beberapa orang siswa dan menterjemahkan sutra-sutra Tantra ke dalam bahasa Tibet. Padmasambhava berada di Tibet selama 55 tahun. Beliau juga membangun Vihara Samye Gompa dengan wujud seluruh alam semesta, di tengah ada Gunung Semeru, di pinggir ada 4 benua besar, 8 benua kecil, dan 7 laut emas. 

Padmasambhava memiliki 5 orang siswi yaitu : Yeshey Tsogyal, Mandarava, Sakya Devi, Kalasiddhi, dan Tashi. Kelima orang ini adalah Maha Siddha. Selain itu masih ada 15 orang lagi yang juga berhasil mencapai keberhasilan meditasi melalui bimbingannya. Meski demikian metode latihan berpasangan yang diajarkannya (Yab Yum) dari dulu hingga kini masih mengundang kontroversi dan beliau sering difitnah sebagai guru sesat.

Padmasambhava juga mengunjungi banyak negara seperti Nepal, China, Bhutan, dan masih banyak lagi. Beliau mempunyai delapan tempat retreat suci. Beliau dianggap sebagai pendiri pertama aliran Vajrayana atau Tantrayana Tibet, terutama aliran Nyingma. Guru Padmasambhava menggunakan metode ‘persembunyian rahasia’ dan membagikan seluruh pusaka ajaran Dharma beliau ke dalam berbagai tempat persembunyian rahasia seperti di dalam gunung dan bebatuan, di bumi, di danau, di angkasa, dan menunggu untuk dikeluarkan oleh generasi penerus agar ajaran Dharma dapat dibabarkan.

Umur Padmasambava sangat panjang. Terakhir, beliau menunggang kuda langit, 4 Raja Langit menopang kuda langit untuknya, saat naik ke langit beliau mengucapkan : "Semua keserakahan duniawi diputuskan. Lima racun berubah menjadi lima berkah." Kisah tentang manusia yang “terangkat ke sorga” juga bisa kita temui dalam agama Abrahamik (Yahudi, Nasrani, Islam) seperti halnya Nabi Idris/Henokh, Nabi Ilyas/Elia dan Nabi Isa/Yesus. Dalam agama Hindu (disebut Moksa), Tao dan spiritualisme Jawa kisah seperti ini juga bisa kita ditemui.

Padmasambava hingga kini masih terus membabarkan ajaran. Maha Acharya Lu Sheng Yen pendiri aliran Tantra Satya Buddha (True Buddha School) mengaku bahwa beliau masih sering bertemu dengan Padmasambava hingga saat ini meskipun beliau terlahir 2490 tahun yang lalu. Master Choa Kok Sui, guru besar prana dari Filipina juga mengaku mendapat ajaran dari Maha Guru Padmasambava.

[muhammad zazuli]

Mengenal Agama Sikh


DUNIA HAWA - Agama Sikh berasal dari India dan didirikan oleh Guru Nanak (1469-1539). Kepercayaan Sikh, atau lebih dikenal dengan nama “Khlasa” atau “yang murni” berasal dari agama Hindu, muncul dalam tahun 1699 M. Sikh berarti murid, dan Sikha berarti murid atau pengikut Sikh. Agama Sikh merupakan agama sinkretis antara Islam dan Hinduisme. Di seluruh dunia, saat ini ada sekitar 25,8 - 30 juta orang Sikh. Sekitar 75% dari kaum Sikh tinggal di Punjab, bagian utara India, di mana mereka merupakan 60% dari populasi wilayah ini. 

Kaum Sikh juga bisa ditemukan di Afrika Timur, Afrika Barat, Timur Tengah, Asia Tenggara, Kanada, Inggris serta Amerika Serikat dan Australia. Populasi yang lebih kecil dari Sikh ditemukan dalam banyak negara di Eropa Barat, Mauritius, Malaysia, Fiji, Nepal, Cina, Pakistan, Afghanistan, Irak, Singapura, Meksiko dan banyak negara lainnya. Umat Sikh dapat dikenali melalui namanya yang kebanyakan diakhiri nama Singh untuk pria dan nama Kaur untuk wanita.

Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah :
• Percaya pada satu Tuhan yang bersifat pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme yaitu : Ek Onkar yang berarti Satu Tuhan.
• Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diakui kaum Sikh) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib, yang merupakan kitab suci bagi kaum Sikh.

Ajaran sentral dalam Sikhisme adalah keyakinan dalam konsep keesaan Tuhan. Sikhisme menganggap kehidupan spiritual dan kehidupan duniawi adalah sebagai sebuah kesatuan. Sikh juga percaya bahwa semua tradisi agama-agama adalah sah dan mampu mencerahkan pengikutnya. Guru Nanak mengilhami orang untuk menjalani kehidupan yang jujur dan juga kebutuhan untuk mengingat nama ilahi (Tuhan). Guru Nanak menjalani kehidupan yang "aktif, kreatif, dan praktis" dalam hal "kebenaran, kesetiaan, pengendalian diri dan kemurnian".

Agama Sikh adalah sebuah agama sinkretisme antara agama Hindu dan Islam yang lahir sebagai respon atas pertengkaran dan konflik yang sering terjadi pada penganut kedua agama itu di India. Guru Nanak terkenal dengan kata-katanya “Tidak ada Hindu dan tidak ada Muslim.” Pengikut awalnya terdiri dari kaum Hindu dan muslim di India. Guru Nanak sebenarnya tidak secara terang-terangan menyatakan bahwa dirinya telah membawa agama baru ataupun membentuk satu masyarakat yang terpisah dari penganut-penganut agama lain. Namun setelah beliau meninggal maka banyak pengikutnya yang menghimpun diri dalam satu golongan atau sekte tersendiri.

Kaum Hindu mengatakan bahwa Nanak adalah orang Hindu sebab ia dilahirkan di rumah dan keluarga Hindu, sementara umat Islam mengatakan, bahwa Nanak adalah seorang Muslim karena percaya pada syahadat Islam dan sudah melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu haji. Pertengkaran itu berakhir dengan sendirinya, karena sewaktu Guru Nanak meninggal pada 22 September 1539 mereka membuka penutup jenazahnya dan hanya menemukan setumpuk kembang dan tidak mendapati jasadnya.

Ajaran Agama Sikh :
1. Tentang Tuhan Yang Maha Esa
2. Tentang Sabda adalah Kata Tuhan
3. Tentang Guru sebagai Penuntun Hidup Abadi
4. Tentang Praktek Spirituil (Sadhana)
 Dasasila Ajaran Guru Nanak:
1. Engkau harus percaya pada Tuhan Yang Maha Esa
2. Engkau harus menghormati manusia sesamamu, baik laki-laki maupun wanita, dengan respek yang sejajar.
3. Engkau harus mempunyai rasa peri-kemanusiaan yang luas dan mendalam.
4. Engkau harus memajukan watak pribadimu dengan perbuatan kebajikan yang mulia dan luhur.
5. Engkau harus selalu ingat kepada Tuhan.
6. Engkau tidak boleh buta akan kepercayaan.
7. Engkau harus menolak perbedaan kasta.
8. Engkau tidak boleh berjanji dengan mempergunakan bentuk dan adat istiadat agama.
9. Engkau tidak boleh menyangkal kenyataan dunia ini.
10. Engkau tidak boleh percaya bahwa seorang pemimpin rohani akan menyelamatkan dirimu dari hukuman Tuhan.

Konsep KeTuhanan kaum Sikh berbunyi “Hanya ada Allah Tuhan Yang Esa”. Tuhan disebut Dadru, ‘Sang Pencipta’, atau ‘Dia yang terbebas dari rasa takut dan rasa kebencian’, ‘Dia Yang Kekal’, ‘Dia yang tidak dilahirkan’. Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak tampak wujudnya disebut ‘Ek Omkara’, sedangkan Tuhan yang tampak wujudnya disebut ‘Omkara’. Guru Granth Shahib memberikan nama-nama yang beragam kepada bentuk penampakan Tuhan ini (Omkara), atau yang disebut dengan ‘Kartar’ (Sang Pencipta), ‘Akal’ (Yang Abadi), ‘Satyanama’ (Yang Maha Suci), ‘Shahib’ (Tuhan), ‘Parvadigar’ (Sang Pemelihara), ‘Rahim’ (Sang Pengasih), ‘Karim’ (Yang Mulia) dan ‘Wahe Guru’, (Satu Tuhan yang sejati). 

Nanak menyatakan bahwa pemahaman tentang Allah berada di luar manusia, tetapi pada saat yang sama tidak sepenuhnya diketahui. Allah Mahahadir (sarav viāpak) di semua ciptaan dan terlihat di mana-mana. Nanak menekankan bahwa Allah harus dilihat dari "mata batin" atau "hati" seorang manusia dan manusia harus bermeditasi untuk menuju pencerahan kehidupan surgawi. Agama Sikh juga menentang ajaran Avtarvada, yakni konsep titisan (inkarnasi) Tuhan. Orang-orang Sikh meyakini bahwa Tuhan tidak bisa mengambil wujud berupa manusia. Mereka tidak percaya bahwa Tuhan bisa melakukan inkarnasi, dan mereka juga melarang penyembahan terhadap berhala. 

Ajaran Guru Nanak bukan pada tujuan akhir akan pencapaian surga atau menghindari neraka, tetapi pada kesatuan spiritual dengan Tuhan yang menghasilkan keselamatan atau Jivanmukta. Menurut Nanak tujuan tertinggi kehidupan manusia adalah untuk berhubungan kembali dengan jiwa spiritualnya, namun nafsu dan egoisme adalah penghalang terbesar manusia dalam melakukan hal ini. Salah satu praktek spiritual Sikh adalah dengan mengingat Nama Ilahi yang dilakukan melalui Nam Japna (pengulangan nama ilahi) atau Naam Simran (mengingat Nama ilahi melalui bacaan).

Guru Nanak mengajarkan bahwa seluruh umat manusia adalah satu dan ia sangat menentang ajaran tentang kasta. Menurutnya, manusia harus hidup dengan mengutamakan kesempurnaan moral karena nilai manusia terletak pada tinggi rendahnya moral itu. Nanak mengajarkan bahwa alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan, dan tidak abadi. Yang kekal dah abadi hanya Tuhan, karena Tuhan adalah Realitas Mutlak. Dengan kodrat dan iradat Tuhan seluruh alam ini terjadi, dan melalui Hukum Tuhan alam ini menjalani kehidupannya. Tidak ada sesuatu yang bisa berjalan di luar Kehendak dan Hukum Tuhan. 

Tradisi dan filosofi Sikh didirikan oleh 10 orang guru dari tahun 1469 sampai 1708. Setiap guru menambahkan dan memperkuat pesan yang diajarkan oleh guru sebelumnya, sehingga terciptalah agama Sikh. Guru Nanak adalah guru pertama dan menunjuk seorang murid sebagai penggantinya. Guru Gobind Singh adalah guru terakhir dalam bentuk manusia. Sebelum kematiannya, Guru Gobind Singh memutuskan bahwa kitab Guru Granth Shahib akan menjadi guru terakhir dan abadi bagi kaum Sikh. Berikut adalah urutan dari 10 guru Sikh : Guru Nanak (1469-1539), Guru Angarh (1539-1552), Amar Das (1552-1574), Ram Das (1574-1581), Arjun (1581-1606), Har Gobind (1606-1645), Har Rai (1645-1661), Hari Krishen (1661-1664), Tegh Bahadur (1664-1675), Govind Singh (1675-1708).

Guru Arjan Dev pertama kali mengkompilasikan kitab suci Adi Granth. Penganiayaan dan kematian Guru Arjun oleh kerajaan Islam Mughal menginspirasi penerusnya yaitu Guru Har Gobind untuk menciptakan sebuah organisasi sayap militer dan politik masyarakat Sikh untuk membela diri terhadap serangan pasukan Mughal. Sikh membentuk mekanisme yang memungkinkan agama Sikh untuk bereaksi sebagai suatu masyarakat untuk bisa mengubah keadaan. Sikh kemudian tumbuh sebagai sebuah komunitas yang terorganisir dan mengembangkan kekuatan tempur terlatih untuk mempertahankan kemerdekaan mereka. Guru Gobind Singh mengukuhkan teks suci Adi Granth sebagai guru abadi bagi kaum Sikh.

[dh©]

Hari Batik Nasional


DUNIA HAWA - Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pemilihan ini berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi telah mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.


Jadi sudah seharusnya kita bangga dengan adat dan budaya bangsa kita sendiri. Meski demikian masih saja ada sebagian golongan yang lebih bangga dengan adat dan budaya dari bangsa lain yang dipaksakan untuk menggantikan adat budaya kita yang sebenarnya lebih luhur dan adiluhung.

Selamat Hari Batik Nasional.....

[muhammad zazuli]

Emak dan Batik


DUNIA HAWA - Setiap kali aku membayangkan kembali sosok Emak, aku tak bisa melepaskannya dari kenangan tentang batik. Sosok Emak yang selalu terbayang olehku adalah sosok perempuan menjelang usia lima puluh. Rambut di kepalanya tak begitu lebat, sudah putih sebagian. Tak pernah aku lihat Emak memotong rambutnya. Apalagi mengritingnya. Dia selalu membiarkan rambutnya apa adanya. Emak hanya menyanggul rambulnya, membuat tumpukan berbentuk siput di bagian belakang kepalanya. Dan kami menyebutnya siput, bukan sanggul.

Siput sanggul, pasangannya tentulah kebaya. Ya, Emak memang selalu memakai kebaya. Dan pasangan untuk kebaya itu adalah sarung batik, atau kain batik panjang. Saat dia pergi undangan perkawinan tentu dia pakai kebaya dan batik. Tapi saat dia pergi bedagang kain keliling kampung dia juga memakai kebaya. Di rumah Emak juga pakai kebaya sederhana, yang sengaja dibuat untuk dipakai di rumah. Atau kebaya yang sudah tua dan tak layak lagi untuk dipakai pergi. Sesekali Emak memakai baju kaos selama di rumah. Tapi dia selalu memakai kain batik. Bahkan saat bekerja di ladang atau kebun, Emak selalu berpakaian seperti itu.

Tak pernah aku lihat Emak memakai rok, apalagi celana panjang. Di kampung kami memang begitu, perempuan memakai kain batik. Tapi perempuan yang lebih muda dari Emak banyak juga yang pakai rok. Kakak perempuanku yang paling tua selalu memakai rok. “Mengapa Emak tak pernah pakai rok?” tanyaku sesekali.

“Emak dah tua, tak pantas pakai rok.” jawab Emak selalu.

“Tapi itu Mak Nyah Cina semua pakai rok meski sudah tua.” bantahku. Mak Nyah adalah panggilan kami kepada ibu-ibu Cina yang tinggal di kampung kami.

“Nah, itulah.” jawab Emak. “Emak orang melayu, bukan Mak Nyah Cina.”

Saat Emak “tak berpakaian”, kain batik adalah satu-satunya yang melekat di tubuhnya. Emak biasanya mandi di perigi belakang rumah kami. Di kampung kami orang tak mandi telanjang. Emak selalu berkemban kain batik tua saat mandi. Usai mandi dia akan bersalin kain batik, bukan handuk. Di kampung kami tak memakai handuk. Nanti saat tidur malam hari Emak juga tetap memakai sarung batik.

Tapi soal batik bukan hanya sekedar soal selembar kain yang selalu melekat di tubuh Emak. Tapi juga soal hidup kami. Emak adalah seorang pedagang gendong. Ia berdagang kain, baju, bedak-gincu, dan obat-obatan berkeliling kampung. Sebuah buntalan kain batik berisi setumpuk pakaian dan kain-kain terpanggul di punggung Emak. Selembar lagi kain batik panjang membalut buntalan tadi dari luar, kedua ujungnya tersimpul di dada Emak, memastikan buntalan tadi menempel ketat di punggung Emak. Satu tangan Emak menjinjing keranjang berisi bedak-gincu dan obat-obatan. Satu tangan yang lain memegang payung pelindung dari terik sinar matahari. Dengan beban itu Emak berjalan keliling kampung, ke kampung tetangga. Lebih sering Emak berjalan tanpa alas kaki.

Aku sering menemani Emak berdagang. Kalau sedang tak sekolah hari minggu, atau kalau sedang libur. Kadang Emak sengaja menungguku pulang sekolah jam 10, baru pergi berdagang. Kalau aku ikut, aku yang menjinging keranjang Emak. Emak memerlukan aku sebagai tukang catat. Emak tak pernah sekolah, jadi dia tak bisa baca tulis. Tapi Emak pandai berhitung. Dan ingatannya sungguh tajam.

Emak hafal semua jenis barang dagangannya. Dia hafal berapa modal membeli barang itu, dan hafal pula berapa harga jualnya. Kalau aku sedang tak ikut pergi berdagang, Emak hafal siapa saja yang berbelanja hari ini. Orang tak belanja tunai, tapi berhutang. Malam hari setelah pulang ke rumah, nama-nama pengutang itu aku catat di sebuah buku. Demikian pula, siapa saja yang membayar cicilan hutang atau melunasi hutang hari itu. Emak sebetulnya ingat semua. Tapi dia memintaku mencatat. “Kalau Emak sakit atau tiba-tiba mati, nanti keluarga tak tahu siapa yang berhutang.” begitu alasan Emak.

Emak membeli barang dagangannya dari kota. Dari toko Cina atau Arab langganannya. Sesekali aku ikut ke kota menemani Emak belanja. Biasanya kami pergi 3-4 hari. Sehari untuk perjalanan pergi dengan kapal dari kampung ke kota. Sehari lagi untuk perjalanan pulang. Di kota kami hanya tinggal 1-2 hari. Toko-toko itu lebih cocok disebut gudang kain. Segala jenis kain ada di situ. Batik, pelikat, dan kain potongan. Ada juga toko-toko tempat Emak membeli baju-baju rok, atau kemeja untuk laki-laki, serta toko bedak-gincu dan obat-obatan.

Kalau Emak baru pulang dari kota, ruang tengah rumah kami dipenuhi tumpukan pakaian. Orang kampung yang berduit biasanya segera datang membeli tak lama setelah Emak pulang. Bau tumpukan kain itu sungguh khas. Bau itulah yang selalu tercium di toko-toko tempat Emak belanja.

Hampir separuh dagangan Emak adalah kain batik. Emak tak membeli selembar dua, tapi berkodi-kodi. Ada yang murah tapi cepat luntur. Ada yang halus dan mahal. Melipat dan menyusun kembali kain-kain itu setelah tamu-tamu pulang adalah pekerjaanku. Aku suka memperhatikan label tempelan di kain-kain batik itu. Yang paling banyak dibeli emak adalah batik Tjap Sen dan Danar Hadi.

Emak dan batik tak bisa dipisahkan. Dia selalu memakainya. Dan dia menghidupi kami dengannya. Dan Emak selalu menyimpan beberapa lembar kain batik panjang yang masih baru untuk persiapan menutup jenazah kalau ada orang meninggal. “Simpanlah 3-4 lembar batik panjang yang masih baru, jangan dipakai untuk keperluan lain di setiap rumah. Untuk menutup jenazah kita kalau kita mati.” begitu saran Emak.

[hasanudin abdurakhman, phd]