Saturday, July 23, 2016

Tiga Wajah Erdogan


Dunia Hawa - Apa sebetulnya rasa ideologi erdogan? Islam fundamental, Islam demokrat, atau sekuler? Fans Erdogan di Indonesia meyakini Erdogan adalah sosok muslim fundamental rasa ahlusunah wa ikhwanul. Sebagian pihak melihat Erdogan sebagai sosok muslim moderat, sebagaimana ideologi Partai Keadilan Pembangunan atau bahasa aslinya Adamet ve Kalkinma Partisi (AKP) yaitu demokrasi islam. Anehnya, di mata media dan internasional, Erdogan meyakinkan kalau ia tetap akan mempertahankan sekulerisme di Turki. 

Erdogan, meski bukan lagi pemimpin AKP, namun dia adalah qiyadah. Posisinya seperti ustadz Hilmi di mata PKS faksi Anis Matta Cs. Sikap dan kebijakan AKP dalam parlemen tentunya atas restu Erdogan. Perlahan-lahan, AKP mengubah jati diri Turki. Misalnya, fungsi militer yang semula untuk melindungi sekulerisme di Turki, diubah menjadi melindungi Turki dari ancaman luar. Lalu, beberapa kebijakan lain yang sangat strategis untuk mendukung kedudukan Erdogan agar lebih kuat dalam melanggengkan kekuasaannya di Turki. Sikap fundamental radikal ditunjukkan ke dalam, kepada rakyat Erdogan keseluruhan. Termasuk sikap fundamental rasa intoleran yang membuat minoritas dan pihak yang berseberangan dengan Erdogan ketakutan.

Jika arah Erdogan memang khilafah, Erdogan telah menempuh jalan yang tidak benar. Menegakkan khilafah dengan ancaman dan ketakutan. Siapapun yang menentang ditangkap, dipenjarakan. Remaja, pelajar, guru, dosen, pekerja media, pegawai pemerintahan, siapapun yang berani mengkritik dijatuhi hukuman makar. Bandingkan dengan Jokowi. Jonru masih bebas berkeliaran, PNS yang tidak mendukung ikut menikmati gaji ke-14. Tapi, kenapa Putin malah mendukung pemerintahan Erdogan ya? Ada yang nggak beres sepertinya.

Aneh, karena sebelumnya Rusia justru membantu suku Kurdi membebaskan diri dari Turki. Suku Kurdi di Turki mengalami diskriminasi, dan hal ini sudah berlangsung lama, jauh sebelum masa kepemimpinan Erdogan. Berbagai kebijakan pemerintahan Presiden Erdogan yang keras terhadap Bangsa Kurdi dinilai telah melanggar komitmen dunia internasional untuk menjamin Hak Asasi Manusia (HAM). Misalnya saja, pada tahun 2013 ketika pimpinan Kurdish Workers’ Party (PKK) meminta gencatan senjata dengan pemerintah Turki. Namun Erdogan justru malah memerintahkan untuk menyerang mereka. Bahkan, menyerang sebagian wilayah Kurdi sehingga terjadilah perang saudara.

Semacam itulah jalan khilafah Erdogan. Jalan kekerasan, bukan jalan damai. Bertentangan dengan ajaran Islam, dan ajaran agama manapun. Benarkah Erdogan mengupayakan Khilafah atas dasar perjuangan Islam? Yang pasti, Erdogan berusaha membentuk militansi pendukungnya dengan fundamentalisme Islam. Mirip doktrinnya PKS yang bikin alergi pihak yang tak sepaham dengan PKS karena sikap judgement intolerannya. 

Peristiwa kudeta beberapa waktu lalu juga agak mencengangkan. Wikileaks sempat mendapatkan data-data yang dapat mengungkap motif dibalik kudeta itu, namun sebelum dipublish, udah kena hack. Beberapa pihak ada yang meramalkan bahwa data wikileaks tersebut mengungkapkan, percobaan kudeta di Turki beberapa waktu lalu didalangi Fethullah Gulen. Persis seperti tuduhan Erdogan. Meski hal ini dibantah oleh Gulen.

Mengapa Erdogan harus menuduh Gulen? Mungkin, Gulen dianggap saingan terberatnya yang dapat mengancam kekuasaannya. Gulen punya banyak pengikut. Gulen punya kekuatan besar, bahkan Erdogan sempat memanfaatkan kekuatan Gulen ini untuk meraih kemenangannya. 

Gulen memiliki misi yang sama dengan Erdogan, yaitu ingin menjadikan Turki sebagai negara Islam. Hanya saja dengan warna yang berbeda dengan Erdogan. Gulen konsisten di Islam moderat, islam toleran. Gus Dur juga suka dengan pemikiran Gulen. Ibaratnya, gerakan Hizmetnya gulen itu mirip NU atau islam nusantara yang nasionalis, sedangkan AKP mirip PKS dan HTI. 

Isu dugaan kudeta Gulen ini jadi bumbu gurih untuk memperuncing perselisihan syiah-anti syiah di Indonesia. Kayaknya sih isu ini memang sengaja dipersembahkan untuk fans Erdogan di Indonesia yang fakir literatur. Gulen itu bermazhab Hanafi, jelas-jelas sunni. Erdogan gak suka sama gulen, karena gulen usil. Sadap sana sadap sini, bongkar-bongkar kasus korupsi para petinggi AKP. Termasuk anak Erdogan juga kena sasaran sadap.

Jadi, benarkah Erdogan adalah pejuang khilafah? Ingin menegakkan islam? Pejuang khilafah tapi berambisi masuk Uni Eropa. Demi ambisinya itu, dibela-belain rela.mencitrakan diri pro sekuler. Rajin ziarah ke makam ataturk. Sepuluh tahun puasa menerapkan hukuman mati. Baru akhir-akhir ini saja, setelah kudeta, Erdogan mengancam melakukan hukuman mati terhadap sejumlah orang yang ditangkapnya.

Jika beberapa pihak menduga percobaan kudeta Turki beberapa waktu lalu adalah upaya Erdogan menjalankan khilafah di Turkk, aku malah curiga, ini adalah cara ubtuk menyingkirkan Gulen. Gitu aja. 

Aku dukung Gulen!

[nurul indra]

Emansipasi Perempuan di Arab Teluk


Dunia Hawa - Belum lama ini, Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syaikh Muhammad bin Rasyid al-Maktoum menunjuk delapan menteri perempuan (beberapa di antaranya berumur 22-30 tahun) dalam jajaran kabinetnya.

Penunjukan sejumlah menteri perempuan ini membuat dunia internasional tercengang, mengingat hingga dewasa ini, dunia Arab masih dipersepsikan sebagai ''dunia laki-laki'' yang belum memberikan ruang berarti bagi pengembangan pendidikan dan karirkaum perempuan. 

Oleh masyarakat non-Arab, termasuk masyarakat Barat, perempuan Arab--di mana pun mereka berada--memang seringkali dianggap sebagai--atau diidentikkan dengan--perempuan udik, konservatif, tak berpendidikan, tertindas, dan objek kaum lelaki. Di Barat, hijab dan abaya yang dikenakan para perempuan Arab dipandang sebagai simbol kekolotan, keterkungkungan, ketidakmoderenan, kemunduran, dan keterbelakangan.

Semua itu tentu saja sangat bias, tidak relevan, dan hanya ''benar separuh'' karena memang, seperti ditunjukkan oleh fenomena perkembangan perempuan Arab dewasa ini, tidak ada korelasi antara ''sehelai pakaian'' dengan kemajuan dan kemodernan. Hijab bukanlah simbol keudikan dan kemunduran. Dan bikini bukanlah lambang kemodernan dan kemajuan.

Oleh karena masih banyaknya anggapan tentang keterbelakangan perempuan Arab (dan muslimah secara umum), maka wajar jika penunjukan delapan menteri perempuan di negara-kerajaan-federal UEA yang sering disebut sebagai ''Singapore''-nya Arab dan Timur Tengah itu mampu menyita perhatian banyak orang, sarjana, pengamat, dan media asing.

Kedelapan perempuan hebat yang menduduki jajaran top eksekutif di negara-kerajaan pusat industri, minyak, dan bisnis itu adalah Jameela Al Muhairi (Menteri Pendidikan Umum), Shamma Al Mazrui (Menteri Urusan Pemuda), Najla Al Awar (Menteri Pengembangan Komunitas), Noura Al Kaabi (Menteri Urusan Dewan Nasional Federal), Syaikha Lubna Al Qassimi (Menteri Urusan Toleransi), Ohoud Al Roumi (Menteri Urusan Kebahagiaan), Reem Al Hashimi (Menteri Negara Urusan Kerjasama Internasional), dan Maitha Salem Al Shamsi (Menteri Negara Pemerintahan Federal). 

Di antara mereka ada yang penunjukan ulang sebagai anggota kabinet karena prestasi masa lalu mereka yang gemilang. Tetapi ada pula yang baru ditunjuk sebagai menteri tahun ini. Banyak dari mereka yang alumni kampus-kampus top di Amerika dan Inggris. Di antara mereka ada yang berlatar belakang akademisi, pebisnis, birokrat, aktivis, dlsb. Sebagian dari mereka bahkan masuk dalam daftar 100 tokoh perempuan Arab paling berpengaruh. Bukan hanya sebagai menteri, kaum perempuan di UEA juga banyak yang terpilih sebagai anggota parlemen. 


Geliat Kaum Hawa Kawasan Arab

Penting untuk dicatat, geliat emansipasi dan perubahan sosial ''kaum Hawa'' bukan terjadi di UEA saja, melainkan di semua negara di kawasan Arab Teluk ( Gulf states) seperti Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan bahkan Saudi yang dikenal sangat ketat dalam urusan masalah perempuan. Bahkan bukan hanya di kawasan Arab Teluk, kawasan Arab lain seperti Yordania dan Lebanon, kehidupan perempuan juga sudah sangat maju sejajar dengan laki-laki. 

Sejak beberapa dekade terakhir, kaum perempuan Arab, baik di negara-negara yang mayoritas berpenduduk Arab atau yang sistem politik-ekonomi-budayanya dikontrol oleh Arab, mengalami kemajuan positif di dunia pendidikan, pekerjaan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Mereka tidak lagi tinggal di rumah sebagai ''pelayan'' suami dan keluarga melainkan di kantor, sekolahan, kampus, perusahaan, rumah sakit, sebagai karyawan, pegawai, guru, dosen, dokter, pengacara, dan lain sebagainya. Aktivitas kaum perempuan Arab modern, termasuk di Arab Teluk, tidak lagi berkutat di seputar dapur-sumur-kasur.

Mereka sudah bisa menikmati profesi dan kehidupan aneka ragam sektor publik sebagaimana laki-laki. 

Menariknya, emansipasi dan kemajuan kaum perempuan bukan hanya di dunia pendidikan atau bisnis-ekonomi saja melainkan juga di bidang politik-pemerintahan. Sebagaimana laki-laki, perempuan Arab juga sudah bisa memilih dan dipilih untuk menduduki pos-pos politik seperti anggota parlemen.

Di Bahrain, misalnya, sejumlah tokoh perempuan menduduki jabatan politik seperti Alees Thomas Samaan, seorang Kristen yang ditunjuk sebagai duta besar di Inggris. Perempuan perkasa yang dijuluki sebagai "Grassroots Diplomat" (diplomat akar-rumput) ini juga tercatat sebagai perempuan pertama yang memimpin parlemen (Shuro Council) bukan hanya di Bahrain bahkan di seantero Timur Tengah.

Selain itu, negara-kerajaan yang dipimpin oleh Rezim Al Khalifa ini juga pernah menunjuk seorang perempuan Arab-Yahudi dan ahli hukum bernama Huda Azra Ibrahim Nunu sebagai Duta Besar Bahrain untuk Amerika Serikat. 

Di Qatar sejumlah tokoh perempuan juga turut memprakarsai perubahan sosial-politik-ekonomi-budaya. Misalnya, Syaikha Moza Binti Nasser, Kepala Qatar Foundation for Education, Science and Community Development, yang terlibat aktif dalam membantu proses transformasi Qatar menjadi negara yang kuat dan maju di bidang ekonomi dan pendidikan.

Hasilnya sangat membanggakan: Qatar kini menjelma menjadi rumah bagi beragam kampus modern dimana fasilitas, metode belajar-mengajar, sistem pendidikan, dan kurikulum yang didesainya seperti yang dipraktekkan di negara-negara maju di Barat. Laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi murid dan guru, mahasiswa dan  dosen.

Syaikha Moza juga menjadi “arsitek” di balik kerja sama Qatar dengan berbagai kampus top dunia sehingga banyak dari mereka, seperti Georgetown, Carnegie Mellon, A&M Texas dan lain sebagainya, membuka cabang disini. 

Dalam hal upaya “emansipasi perempuan” ini, ada sejumlah negara di Arab Teluk yang sudah sangat maju dan terbuka dalam memperlakukan hak-hak perempaun sebagai warga negara tetapi ada pula, seperti Saudi, yang masih terbatas, tarik-ulur, dan malu-malu. Namun demikian di Saudi pun perkembangan perempuan dewasa ini sudah sangat positif.


Kiprah Perempuan di Saudi

Meskipun geliat perhatian atas hak-hak sipil (civil rights) dan kewargaan (citizenship) kaum perempuan sudah dimulai sejak era Raja Faisal yang memprakarsai pendidikan kaum perempuan kemudian dilanjutkan oleh Raja Fahd yang dikenal sangat modern dan progresif.

Akan tetapi perubahan signifikan dan fundamental terhadap perempuan, baik di sektor privat maupun publik, baru terjadi sejak era Raja Abdullah. Mendiang Raja Abdullah yang sangat toleran dan moderat itu telah membuka kran cukup lebar bagi perempuan untuk terlibat aktif menciptakan perubahan sosial-politik-ekonomi-budaya di berbagai sektor kehidupan (pendidikan, lapangan pekerjaan, bisnis,) dan di berbagai level: keluarga, masyarakat, dan bahkan negara.

Raja Abdullah-lah, misalnya, yang membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi perempuan untuk meniti karir di berbagai sektor publik, sebuah kebijakan politik yang menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Reaksi negatif tidak hanya datang dari kalangan ulama radikal-konservatif yang menganggap perempuan haram “keluyuran” di ruang-ruang publik tetapi juga dari kaum lelaki dan pemuda yang merasa terancam atau terbatas peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan jika perempuan diberi kesempatan untuk bekerja di sektor publik.

Meski ditentang, ia jalan terus. Hasilnya cukup fantastis: kini kita bisa menyaksikan kaum perempuan Saudi telah bekerja di berbagai sektor publik menekuni beragam profesi. Menyadari pentingnya pendidikan untuk menunjang “karir publik” perempuan, Raja Abdullah juga memberi peluang yang besar bagi kaum perempuan untuk menuntut ilmu pengetahuan dan mengejar berbagai gelar akademik.

Dia misalnya memprakarsai pendirian King Abdullah University of Science and Technology yang menjadi satu-satunya kampus modern campuran laki-laki dan perempuan di Saudi. Melalui King Abdullah Scholarship Program, ribuan perempuan Saudi telah dikirim ke berbagai universitas top dunia, khususnya Amerika dan Eropa, untuk belajar di berbagai disiplin keilmuan dari jenjang S1 sampai doktoral. 

Bukan hanya di dunia pendidikan, usaha, atau pekerjaan, Raja Abdullah juga memprakarsai perubahan di sektor politik. Pada 2013 misalnya, ia menunjuk tiga puluh perempuan (20% dari total anggota) sebagai anggota Majelis Syuro (Consultative Council) atau Dewan Penasehat Kerajaan yang memegang peran penting dalam memutuskan berbagai kebijakan sosial-politik-ekonomi-budaya menyangkut “rumah tangga” Arab Saudi.

Para pemimpin perempuan ini telah menjadi bagian penting dalam proses transformasi sosial, khususnya menyangkut hak-hak kaum perempuan di sektor publik. Bukan hanya di Dewan Penasehat, sejumlah lembaga elit-strategis lain seperti Council of Saudi Chambers of Commerce and Industry dan King Abdulaziz Center for National Dialogue juga menjadikan perempuan sebagai bagian penting dari “mesin” prubahan sosial di Saudi. 

Paska wafatnya Raja Abdullah, berbagai kebijakan positif-demokratis menyangkut kaum perempuan ini dilanjutkan oleh Raja Salman. Seperti diakui oleh sejumlah tokoh perempuan Saudi seperti Lubna Al-Ansari dan Masuda Kurban, Raja Salman telah melibatkan kaum perempuan dalam berbagai diskusi menyangkut kebijakan politik elit-kerajaan.

Pada akhir 2015, di bawah Raja Salman, Saudi kembali membuat sejarah dengan membolehkan perempuan untuk memilih dan dipilih sebagai anggota Dewan Kota dalam sebuah pemilu yang berlangsung cukup demokratis dan tertib. Pemilu tersebut berhasil mengantarkan setidaknya 20 perempuan Saudi menjadi pemimpin politik baru di keraajaan ini.

Atas berbagai usaha positif-konstruktif tentang pemberdayaan dan perlindungan “kaum Hawa” ini (termasuk pembuatan Undang-Undang untuk melindungi perempuan dari kekerasan domestik), Saudi—bersama Lebanon dan Mesir—mendapat penghargaan dari Bank Dunia.

Memang “PR” menyangkut emansipasi perempuan di Saudi masih sangat panjang karena tidak semuamasyarakat Saudi (termasuk kalangan elit agama dan politik) berpikiran maju, terbuka, dan demokratisserta bersedia memberi ruang bagi kemajuan perempuan. Meski begitu, berbagai perkembangan positif menyangkut isu-isu keperempuanan yang terjadi beberapa tahun terakhir ini merupakan sinyal kuat bagi perubahan sosial-politik-ekonomi yang lebih besar bagi kaum perempaun di masa mendatang.

Orang bisa saja menentang peran publik perempuan, tetapi tuntutan zaman modern atas emansipasi perempuan tidak bisa dielakkan.

Sumanto Al Qurtuby
Staf pengajar antropologi budaya di King Fahd University of Petroleum and Minerals, Arab Saudi, dan

Visiting Senior Research Fellow di Middle East Institute, National University of Singapore.

Tahapan Proses Persalinan Normal


Dunia Hawa - Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu yang menyenangkan namun di sisi lain merupakan hal yang paling mendebarkan. Persalinan terasa akan menyenangkan karena si kecil yang selama sembilan bulan bersembunyi di dalam perut anda akan muncul terlahir ke dunia. Di sisi lain persalinan juga menjadi mendebarkan khususnya bagi calon ibu baru, dimana terbayang proses persalinan yang menyakitkan, mengeluarkan energi yang begitu banyak, dan sebuah perjuangan yang cukup melelahkan.

Ada baiknya para calon ibu mengetahui proses atau tahapan persalinan seperti apa, sehingga para calon ibu dapat mempersiapkan segala halnya guna menghadapi proses persalinan ini. Proses persalinan terbagi ke dalam  empat tahap, yaitu :

Kala I  : Tahap Pembukaan

In partu (partus mulai) ditandai dengan lendir bercampur darah, karena serviks mulai membuka dan mendatar. Darah berasal dari pecahnya pembuluh darah kapiler sekitar karnalis servikalis karena pergeseran ketika serviks mendatar dan terbuka. 

Pada kala ini terbagi atas dua fase yaitu:

Fase Laten: dimana pembukaan serviks berlangsung lambat, sampai pembukaan 3 cm

Fase aktif: yang terbagi atas 3 subfase yaitu akselerasi, steady dan deselerasi

Kala I adalah tahap terlama, berlangsung 12-14 jam untuk kehamilan pertama dan 6-10 jam untuk kehamilan berikutnya. Pada tahap ini mulut rahim akan menjadi tipis dan terbuka karena adanya kontraksi rahim secara berkala untuk mendorong bayi ke jalan lahir. 
Pada setiap kontraksi rahim, bayi akan semakin terdorong ke bawah  sehingga menyebabkan pembukaan jalan lahir. 

Kala I persalinan di sebut lengkap ketika pembukaan jalan lahir menjadi 10 cm, yang berarti pembukaan sempurna dan bayi siap keluar dari rahim.

Masa transisi ini menjadi masa yang paling sangat sulit bagi ibu. Menjelang berakhirnya kala I, pembukaan jalan lahir sudah hampir sempurna. Kontraksi yang terjadi akan semakin sering dan semakin kuat. Anda mungkin mengalami rasa sakit yang hebat, kebanyakan wanita yang pernah mengalami masa inilah yang merasakan masa yang paling berat. Anda akan merasakan datangnya rasa mulas yang sangat hebat dan terasa seperti ada tekanan yang sangat besar ke arah bawah, seperti ingin buang air besar.

Menjelang akhir kala pertama, kontraksi semakin sering dan kuat, dan bila pembukaan jalan lahir sudah 10 cm berarti bayi siap dilahirkan dan proses persalinan memasuki kala II.

Kala II : Tahap Pengeluaran Bayi

Pada kala pengeluaran janin, rasa mulas terkordinir, kuat, cepat dan lebih lama, kira-kira 2-3 menit sekali. Kepala janin turun masuk ruang panggul sehingga terjadilah tekanan pada otot-otot dasar panggul yang secara reflektoris menimbulkan rasa mengedan. Anda merasa seperti mau buang air besar, dengan tanda anus terbuka. 

Pada waku mengedan, kepala janin mulai kelihatan, vulva (bagian luar vagina) membuka dan perineum (daerah antara anus-vagina) meregang. Dengan mengedan terpimpin, akan lahirlah kepala diikuti oleh seluruh badan janin. Sebagai gambaran : Video Melahirkan

Ibu akan merasakan tekanan yang kuat di daerah perineum. Daerah perineum bersifa elastis, tapi bila dokter/bidan memperkirakan perlu dilakukan pengguntingan di daerah perineum (episiotomi), maka tindakan ini akan dilakukan dengan tujuan mencegah perobekan paksa daerah perineum akibat tekanan bayi.

Kala III : Tahap Pengeluaran Plasenta

Dimulai setelah bayi lahir, dan plasenta akan keluar dengan sendirinya. Proses melahirkan plasenta berlangsung antara 5-30 menit. 

Pengeluaran plasenta disertai dengan pengeluaran darah kira-kira 100-200 cc. Dengan adanya kontraksi rahim, plasenta akan terlepas. Setelah itu dokter/bidan akan memeriksa apakah plasenta sudah terlepas dari dinding rahim.  Setelah itu barulah dokter/bidan membersihkan segalanya termasuk memberikan jahitan bila tindakan episiotomi dilakukan

Kala IV : Tahap Pengawasan

Tahap ini digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap  bahaya perdarahan. Pengawasan ini dilakukan selam kurang lebih dua jam. 

Dalam tahap ini ibu masih mengeluarkan darah dari vagina, tapi tidak banyak, yang berasal dari pembuluh darah yang ada di dinding rahim tempat terlepasnya plasenta, dan setelah beberapa hari anda akan mengeluarkan cairan sedikit darah yang disebut lokia yang berasal dari sisa-sisa jaringan.

Pada beberapa keadaan, pengeluaran darah setelah proses kelahiran menjadi banyak. Ini disebabkan beberapa faktor seperti lemahnya kontraksi atau tidak berkontraksi otot-otot rahim. Oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan sehingga jika perdarahan semakin hebat, dapat dilakukan tindakan secepatnya.

Untuk lebih jelas mengenai proses persalinan ini, anda bisa melihat video proses melahirkan.




[dh]