Saturday, March 19, 2016

Bahasa Pakde


Dunia Hawa – Memang menarik cara pakde Jokowi ketika ingin menyatakan sesuatu. Dia seperti es beku yang tidak pernah mencoba menarik perhatian melalui kanal2 media, apalagi memanfaatkan medsos sebagai ajang pertarungannya.

Ingat ketika sidang MKD DPR, pakde malah memanggil sejumlah pelawak makan bersama dan tertawa bersama. Dan serentak masyarakat menghubungkannya dengan situasi sidang dimana pakde sama sekali tidak memandang serius sidang tersebut dan menyindirnya melalui “lawakan istana”.

Kali ini, untuk menampar sang mantan yang selalu mengadu di medsos dengan gaya prihatinnya, pakde cukup datang ke hambalang dan geleng2 kepala melihat kondisi proyek 2,5 trilyun yang memenjarakan banyak petinggi demokrat yang dulu pamer di TV meneriakkan “katakan tidak pada korupsi”. Sebuah gaya bahasa yang cukup efektif menohok sang mantan yang sedang tour de java mempersiapkan istrinya untuk menjadi “Hillary Clinton Indonesia”.

Maka ributlah dunia medsos sambil melirik sang mantan yang kadung kecuprut menyatakan bahwa menteri2nya kompak pada eranya, maksudnya kompak di penjara.

Sang mantan pasti sedang mencak2 jumpalitan sambil mengisi batre kipas angin kecil yang biasa dipake untuk mengipasi punggung cinta sejatinya. “Kurang ajar.. Kering kerontang tapi tamparannya cetar..” Mungkin begitu gumamnya. Untuk menenangkan hatinya, bisa saja satu album lagi keluar.

Perang urat syaraf ini memang menggelikan. Yang satu berharap mendapat simpati dengan mengingatkan rakyat “hasil kerjanya dulu”, satunya lagi cukup berdiri di depan hasil kerja itu dan geleng2 kepala, “Oh ini toh yang dinamakan kerja..”

Ibarat di ring tinju, sang mantan berusaha terus melayangkan hook kiri, hook kanan disambung dengan jab2 yang mematikan tetapi karena sudah lama tidak push up, akhirnya hanya meninju angin. Sedangkan pakde dengan gaya Ip man, cukup senyum dan mengambil kemoceng, sekali sebat, merah hidungnya dan mulutnya penuh dengan bulu ayam.

Langkah2 cerdas seperti inilah yang menjadi hiburan berkelas masyarakat. Tidak perang opini yang diliput media massa dan kemungkinan besar diplintir2 oleh wawancara pesanan. Tidak banyak bicara tetapi telak mengena.

Entah yang pintar pakde atau tim di belakang layarnya, tapi mereka pasti satu kesatuan. Tanpa karakter pakde yang kuat, strategi apapun sulit untuk mengena sasaran.

Untung saya tidak sedang ngopi sambil ngemil tahu isi bersama pakde. Saya pasti di plokotho, disuruh cerita terus sedangkan pakde diam2 menghabiskan tahu isinya.

Dan sialnya, pasti saya yang disuruh bayar semua…. Kalau itu terjadi, saya akan cari siapa tim di belakang layarnya. Enak saja, hutang saya jadi nambah..

[denny siregar]




Benarkah Aku Manusia?


Dunia Hawa – “Sulit sekali menyadari bahwa dunia ini membentuk sifat-sifat hewan dalam diri kita.

Sejatinya kita manusia, tetapi ketamakan membuat kita menjadi srigala, kemalasan menjadikan kita seperti babi, kedunguan merubah kita seperti kerbau bahkan kita menjadi gabungan dari beberapa jenis binatang. Untung saja Tuhan tidak mewujudkan sifat itu pada rupa kita, sehingga tertutuplah aib yang akan membuat kita menjadi mahluk yang mengerikan.

Dunia ini memang berbahaya. Ukuran-ukuran yang dibuat dan disepakati manusia kebanyakan adalah materi, karena itu yang mudah terlihat. Kita mengejar pengakuan dari manusia lain seolah itu yang terpenting dari semuanya. Dan itu bukan saja dari sisi harta, bahkan keluarga, jabatan dan gelar-gelar.

Semakin rendah diri kita, semakin silau kita oleh predikat-predikat dunia. “Dia profesor, pasti lebih paham daripada lu…” Seakan gelar profesor lebih tahu segalanya dan ukuran dari kebenaran. “Lu siapa? Dia itu ulama.. Ilmunya lebih tinggi dari lu..” Seakan ketika berilmu banyak, dia menjadi paham. Padahal banyak orang berilmu yang dibutakan oleh keilmuannya. “Lu sirik aja kalau dia kaya..” Seakan kekayaan adalah nilai-nilai sejati yang harus digapai.

Lalu untuk apa semua itu, harta, kuasa, ilmu dan segala macam yang kita kejar di dunia?

Ternyata sederhana saja jawabnya, untuk mengetahui siapa diri kita dan apa fungsi kita. Sifat-sifat hewan yang membungkus diri kita selama ini, begitu kuat membungkus sehingga kita menjadi tidak sadar bahwa kita ini sebetulnya manusia.

Seorang ulama besar, Ayatullah Khomeini pernah berkata, “Menjadi ulama itu mudah, lebih sulit menjadi manusia..” Disini kita melihat, bahwa ketika nafsu mengalahkan akal, maka diri kita sesungguhnya hewan-hewan yang berkaki dua. Betapa sulitnya untuk kembali kepada fitrah kita…”

Temanku sudah mengalami banyak proses dalam hidupnya dan sungguh dimataku ia adalah seorang yang kaya. Kebijaksanaan yang dia dapat dalam setiap perjalanan seharga mutiara-mutiara di kedalaman laut. Tidak ternilai ketika ia sudah mampu melihat bahwa materi hanyalah alat saja bukan majikan yang menjadikan kita budaknya.

Pagi ini kuingat kembali nasehat-nasehatnya ditemani secangkir kopi panas, yang membuka memori-memori supaya tetap sadar dan menggerakkan nalar. Menjadi waras di tengah semua kegilaan ini adalah kegilaan itu sendiri.

“Pengetahuan yang terakhir dari seseorang adalah mengenal dirinya.” Imam Ali as

[denny siregar]




Kista Ovarium Bisa Akibatkan Kemandulan


Dunia Hawa - Penyakit kista pada wanita merupakan salah satu faktor yang menyebabkan wanita sulit hamil dan memiliki keturunan atau anak. Lalu apakah pada setiap wanita yang sudah terkena penyakit kista ovarium ini bisa dipastikan juga akan mandul? Sebaiknya anda baca ulasan berikut ini tentang masalah kista ovarium ini.

Menurut dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, yang berprofesi sebagai dokter kandungan di RSUD Leuwiliang kota Bogor berkata : Belum tentu kista ovarium akibatkan mandul, semua juga tergantung jenisnya, kalau misalnya kista tersebut tidak ganas tentunya bisa juga diobati.

Kalau menurut penuturan dr Sita Ayu Arumi, SpOG beliau mengatakan kalau  banyak juga orang yang hamil dan juga punya penyakit kista, Sebab untuk kehamilan tidak cuma indung telur saja ya yang juga harus kita perhatikan. Sebagian besar penyakit kista ini memang juga sangat mempengaruhi peluang terjadinya wanita untuk proses kehamilan. Penyebabnya adalah kista ini dapat menurunkan dari cadangan sel telur. Kalau kista ini dibiarkan saja tanpa diobati sama sekali, tentunya ini akan "memakan" cadangan sel telur dan lama-lama juga sel telur akan habis dan ini yang bisa mengakibatkan anda susah punya anak.

Ketika saat kista ini diangkat, ada juga loh sebagian dari indung telur yang ikut terangkat. Atau juga kalau misalnya ada jaringan yang mengalami sebagian kerusakan juga harus diangkat. Fungsi dari proses ovulasi yang juga akan dipengaruhi oleh siklus dari haid ini akan ikut berubah juga setelah indung telur tadi sudah diangkat sebagian. Akibatnya, tubuh secara alami tidak bisa menghasilkan yang namanya hormon kewanitaan. Namun sekali lagi saya tekankan, ini juga tergantung dari kasusnya, tidak semuanya sama. Kalau misalnya hanya pada sebagian saja dari  indung telurnya yang mengalami bermasalah ya kemungkinan untuk bisa hamil masih ada peluang.

Tetapi juga harus perlu diingat, untuk cara cepat atau tips hamil tentunya masih ada beberapa faktor lainnya juga  yang tentu harus diikutsertakan juga. Dokter juga tentu akan mengevaluasi, kalau misalnya selama itu masih juga ada indung telurnya maka kemungkinannya masih bisa juga dilakukan untuk program kehamilan (promil) misalnya melalui proses inseminasi ataulebih kita kenal dengan bayi tabung. 

[info sehat]





Penyebab Kaki Kram Saat Malam Hari Dan Cara Mengatasinya


Dunia Hawa- Kram tentunya bisa saja dapat terjadi kapanpun dan dimanapun, begitu juga ketika anda sedang tertidur bisa saja dapat terjadi kram kaki saaat tidur malam. Tahukah anda, keadaan kram kaki saat tidur ini dialami hampir 60 % orang yang sudah dewasa. Pada saat terjadi masalah kram, maka yang akan dirasakan addalah rasa yang nyeri, dan kaku. Nah sebetulnya apa saja sih penyebab terjadinya kram kaki ini ?

Penyebab kaki kram dan kesemutan ini akan saya jelaskan pada bagian dibawah ini. Menurut Staff dari Kedokteran Olahraga dari University Alberta menyatakan kalau kram pada malam hari atau kram nokturnal ini terjadi disaat saraf yg membawakan sinyal dari otak menuju ke bagian otot mengirimkan dengan sangat banyak pesan. Dan ketika ini terjadi maka ototpun juga akan mengalami kontraksi yang berlebihan.

Kram kaki saat tidur bisa saja terjadi pada saat sedang duduk ataupun juga sedang dalam keadaan berbaring dengan kram kaki saat tidur malam waktu yang lama. Hal ini bisa juga memicu timbulnya gangguan pada saraf, dan ini biasanya seringkali terjadi.

Penyebab terjadinya kram kaki dari hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa kram nokturnal yang terjadi pada malan hari ini biasanya sangat banyak terjadi pada musim panas, kenapa hal ini terjadi ? Ini dikarenakan oleh seringnya  terjadi paparan oleh sinar matahari pada tubuh kita. Penyebab kram juga sangat dipengaruhi oleh adanya nutrisi yang juga mengatur pada pertumbuhan dan juga  perbaikan pada serat otot dan itulah penyebab kaki sering kram dan kesemutan.

Solusi Atasi Masalah Kaki Kram

Tetapi untuk proses pertumbuhan dan juga proses dari perbaikan serat otot yang sangat berlebihanpun juga akan dengan mudahnya bisa mengirimkan sebuah mekanisme tertentu menuju ke otot pada bagian belakang tubuh yang tentunya ini yang akan menyebabkan terjadinya kram. Umumnya pada orang dengan usia antara 50 tahun lebih biasanya sangat sering sekali terjadinya yang namanya kram. Kenapa hal ini terjadi ? ini dikarenakan ketika anda mulai menginjak usia lebih dari 50 tahun maka orang itu mulailah  terjadi proses kehilangan sel-sel saraf yang akan mengirimkan pesan yang berasal dari otak hingga menuju ke otot. Nah akibat dari terjadinya proses ini adalah sel yang tersisa akan bekerja lebih keras lagi.

Kram pada betis, kram pada paha belakang, dan juga kram pada paha depan terjadi ketika sebelum tidur ini bisa menjadi merupakan salah satu cara yang sangat bagus untuk proses meminimalisir terjadinya kram di saat malam hari tiba. Penelitian pada tahun 2012 di Belanda menyebutkan bahwa untuk mengurangi terjadi kram pada saat malam hari ini disarankan juga sebelum anda tidur harus melakukan proses peregangan cukup 3 menit saja sesaat sebelum anda tidur. 

Cara atasi kram kaki di malam hari ini yang paling mudah adalah dengan melakukan peregangan saja. So, ketika anda sedang mengalami kram, segeralah turun dari tempat tidur anda dan lakukan berjalan-jalan disekitar kamar tidur cukup semenit saja.

Selain itu anda juga bisa pakai obat gosok yang rasanya hangat agar otot yang kram dan kaku bisa lemas kembali. Nah itu tadi artikel dengan judul Penyebab Kaki Kram Saat Malam Hari. Dishare ya.

[dr oz indonesia]





Cara Alami Mengobati Keputihan dengan Herbal


Dunia Hawa - Keputihan merupakan penyakit yang biasa terjadi pada setiap wanita. Mengobati keputihan memang terbilang gampang-gampang susah. Pada beberapa orang keputihan bisa menjadikan penyebab kista dan kanker serviks. Lalu bagaimana solusi obat alami untuk keputihan dan juga cara mengobati keputihan alami?

Cara mengobati keputihan dengan herbal merupakan cara yang aman dan murah. Keputihan dipengaruhi oleh berbagai infeksi oleh jamur pada vulva. Mengatasi keputihan dengan herbal anda bisa gunakan  obat herbal keputihan pada wanita yaitu ladyfem dan tisu majakani.Sedangkan tanaman herbal untuk keputihan anda bisa coba menggunakan Aloe Vera (lidah buaya), Delima, dan Daun sirih. 

1.Cara Mengobati Keputihan Alami dengan Aloe Vera (Lidah Buaya)

Cara untuk mengobati keputihan secara alami yang pertama adalah anda bisa gunakan daun lidah buaya atau aloe vera. Caranya adalah lidah buaya anda potong pada bagian ujung-ujungnya, ambil tengahnya dan ambil daging lidah buaya, rebus dengan 2 gelas. Minum selagi hangat  dan rutin sehari dua kali.

2.Obat Herbal Penyakit Keputihan dengan Delima

Cara mengobati keputihan alami yang kedua adalah dengan menggunakan buah delima. Caranya adalah ambil kulit delima yang kering sekitar 30 gram, kemudian rebus dengan air sebanyak 600 cc disisakan menjadi 300 cc. Minum pada saat masih hangat, rutin diminum 2 kali sehari.

3.Cara Mengobati Keputihan Herbal dengan Daun Sirih

Cara yangketiga untuk mengobati keputihan alami dan tradisional yaitu dengan daun sirih. Caranya adalah 10 lembar daun sirih cuci bersih, rebus dalam air mendidih sebanyak 2,5 liter. Setelah air rebusan daun sirih menjadi hangat, gunakan untuk mencuci daerah organ kewanitaan anda. rutin lakukan setiap hari sampai kondisi keputihan hilang.

Itulah tadi beberapa obat herbal atau tanaman herbal alami dan tradisional yang bisa menghilangkan dan menjaga organ kewanitaan anda dari keputihan. 

Tetapi jika anda tidak mau repot dengan urusan membuat  obat herbal penyakit keputihan seperti membuat godokan, rebusan atau semacamnya anda bisa mendapatkan obat herbal keputihan yang instan atau sudah jadi. Silahkan anda coba ramuan herbal di Toko Obat Herbal.

Ladyfem Obat Alami Keputihan, Kista Coklat,Miom



Ya, obat herbal alami untuk mengobati keputihan adalah dengan menggunakan obat Ladyfem. Kandungan bahan alaminya terdiri atas bahan herbal alami yang sangat aman untuk dikonsumsi dan tanpa resiko effek samping.

Khasiat Utama Ladyfem
Manfaat dan keunggulan khasiat ladyfem ini bisa untuk mengobati nyeri haid, kista, miom, keputihan,  siklus menstruasi tidak normal, membantu kesuburan rahim bahkan beberapa pengguna aktif ladyfem banyak yang hamil setelah sembuh dari kista, menghilangkan jamur yang ada di area kewanitaan, merapatkan juga bersihkan dinding rahim dari dalam tubuh tanpa efek samping.

[obat herbal]


Inilah Makanan Detox Yang Terbaik


Dunia Hawa- Sumber makanan untuk detox diet yang paling bagus ini saya kumpulkan dari berbagai artikel diseluruh dunia yang membahas tentang detox. Detox seringkali menjadi pilihan kita untuk memulihkan kondisi dan stamina kebugaran tubuh selain juga melakukan olahraga. Terapi kolon dan juga diet jus biasanya juga dipakai sebagai cara untuk detoksifikasi usus kolon. Nah ternyata nih ya, ada beberapa makanan dari berbagai belahan dunia yang juga bisa berfungsi sebagai makanan untuk proses detoksifikasi. 

Perbandingan usus sehat dan sakit

Kalau anda memang tidak sempat untuk melaksanakan olahraga dan juga malas untuk berolahraga dalam rangka untuk kesehatan dan juga mengembalikan kondisi dan stamina tubuh anda, maka terapi detox merupakan pilihan yang sangat tepat sekali untuk anda lakukan walaupun anda sibuk bekerja dan tidak sempat berolahraga. Manfaat detox ini dapat membuang racun dari dalam tubuh kita.

1. Jahe Bagus Buat Detox

Di Cina, Jahe dipercaya sangat bagus untuk detox. Menurut masyarakat Cina, setiap manusia punya yang namanya unsur Yin (dingin) dan Yang (panas). Maka jika seseorang itu merupakan orang dengan karakter Yang (Panas) maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dingin, begitu juga sebaliknya. Dikala musim dingin, maka makanan yang wajib dikonsumsi adalah makanan seperti ginseng, jahe, bawang bombay, kambing sapi supaya bisa menghasilkan panas tubuh dan juga meningkatkan proses metabolisme dan juga untuk jaga sistem imun tubuh.

2. Air Putih Untuk Detox Usus

Di negara Perancis masyarakatnya mempunyai berbagai masalah terutama pada penyakit hati. Oleh Karena itu masyarakat Perancis sangat menganggap bahwa air putih ini sangat penting artinya bagi kesehatan tubuh mereka. Anda juga sebetulnya boleh saja sih untuk mencoba minuman khas Perancis yang berkarbonsi alami yaitu Badoit yang konon katanya sampai tahun 1950 cuma ada di apotek Perancis.

3. Di Filipina Kacang Hijau Bisa Untuk Detox

Kita semua pasti tahu kkalau Kacang hijau itu tidak hanya harganya yang murah tetapi juga rasanya enak dan lezat. Khasiat kacang hijau untuk detox sangat baik sekali untuk kesehatan pencernaan karena effeknya yaitu dapat menyerap berbagai macam endapan racun dari lapisan usus yang kadang bisa mengerak. Di negara Filipina, banyak sekali para master koki yang membuat aneka makanan yaitu guisado monggo, yaitu makanan dari bahan dasar kacang hijau yang proses memasaknya direbus bersamaam dengan udang dan juga sayuran. Karena sangat populer, makanan ini juga sekarang sudah dibuat ke berbagai macam versi.

Jangan lupa dishare ya!!!

[tips sehat]





Tolong Pahami


Dunia Hawa – Bukan. Saya bukan pendukung buta Ahok. Anda salah. Ketika saya berbicara tentang Pilgub DKI, maka saya berbicara secara luas, dan Ahok termasuk diantaranya karena ia pelaku. Saya selalu belajar dari peristiwa dan pilgub DKI adalah salah satu peristiwa dimana saya belajar mengenal karakter2, strategi2, ilmu2 baru dan banyak hal. Bukankah kitab suci juga banyak bicara tentang peristiwa yang kita jadikan pelajaran ?

Ketika saya mengkritik apa yang dilakukan lawan Ahok, bukan karena saya benci mereka dan me-nabi-kan Ahok, bukan. Tetapi saya mengkritik apa yang mereka lakukan dalam kampanye mereka yang selalu terjebak dalam model old school. Bawa2 agama, menyerang pribadi, pencitraan jadul dan banyak lagi.

Saya fokus mengkritik kampanye mereka bukan karena saya benci, tetapi men-stimulus tim sukses mereka supaya lebih pintar lagi. Selain itu men-stimulus calon2 pemimpin yg skrg masih di bangku sekolah untuk berfikir keluar dari kotak sempit. Apakah salah memberi contoh yang baik ?

Ketika saya membahas Ahok, saya tidak fokus mendewakan dia tetapi mengupas karakter2nya yang berbeda dari orang umumnya. Selain tentu juga mengupas karakter lawannya yang gitu2 aja. Saya tidak pernah membahas “ini lho yg dilakukan Ahok, itu lho keberhasilan Ahok”, tidak. Itu basi. Banyak hal yg bs kita pelajari dari perantara2 peristiwa yang disuguhkan di depan mata kita.

Saya mencoba mencari kelemahan Ahok dari bahasa kasarnya dan saya tuangkan dalam “Balada si taik”. Saya belum menemukan celah hukum dari RS sumber waras karena patokan saya KPK yang mengatakan tidak ada bukti yg cukup menjadikan itu sbg masalah, kecuali hanya propaganda2 mereka yang tidak suka saja. Lalu, apakah saya harus mengangkat sesuatu yang memang tidak ada dasarnya ?

Sembilan naga dibelakang Ahok? Bisa saja, meskipun belum kuat buktinya.

Tetapi apakah parpol2 itu tidak punya 100 naga di belakangnya ? Ingat, para naga itu tidak akan bertaruh pada satu kotak. Mereka terbiasa bermain di semua kotak untuk mengamankan investasi mereka yang nilainya triliunan rupiah. Tapi yang membedakan Ahok dgn org2 parpol itu, ia tidak memperkaya diri melalui uang negara. Ia membangun Jakarta sehingga para investor yang bermain properti meningkat harga propertinya. Apakah itu salah ?

Jadi belajarlah memilah apakah saya berbicara objek (apa yg dilakukannya) atau subjek (pribadinya).

Ahok hanya “alat” saja untuk mengenal pemikiran2 yang diluar kotak, yang revolusioner, sama seperti ketika saya membahas Lulung, Uno, Dault, Dhani dan Yusril. Sama saja, hanya saya banyak melihat kejadian aneh dan lucu dari lawan2 Ahok yang panik melihat situasi yang berpihak kepadanya.

Jadi ketika saya pada akhirnya memilih Ahok, bukan karena ia manusia suci yang tidak bisa salah tetapi karena ia banyak melakukan hal yang benar dibalik kekurangannya sebagai manusia. Saya memilih “apa yang dia lakukan”, bukan karena “siapa dia”.

“Kenalilah kebenaran bukan dari individu2nya, tetapi dari kebenaran itu sendiri baru lihat siapa individu2 pembawanya.” Imam Ali as.

Saya minum kopi bukan karena ia hitam, tetapi karena nikmatnya… Pahamkan itu, peyang..

[denny siregar]



Fiqih Siyasah Yang Sangat Dinamis


Nabi Muhammad tidak menunjuk langsung siapa sebagai pengganti beliau selaku kepala negara. Urusan penting semacam ini diserahkan pada musyawarah umat. Begitu juga mengenai sistem pemerintahannya maupun aturan tata negara dan administrasi negara semua diserahkan pada kesepakatan umat. 

Bahkan kalau kita mau jujur, tidak ada satupun ayat Qur'an dan Hadis Nabi yang secara tegas memerintahkan untuk mendirikan negara Islam. Yang ada adalah kewajiban mengikuti ulil amri: tapi bagaimana memilih, siapa yang dipilih, berapa lama ia berkuasa, apa bentuk kekuasaannya, dan bagaimana bentuk negara atau pemerintahannya, al-Qur'an tidak mengaturnya secara rinci. 

Yang ada dalam literatur fiqh siyasah klasik adalah tarikhul muluk was salatin atau sejarah raja-raja dan sultan, dimana kemudian para ulama seperti Imam al-Mawardi merangkai serpihan sejarah dan petunjuk umum Nash menjadi doktrin fiqih siyasah.

Khilafah Usmani di Turki adalah kekhilafahan terakhir dalam Islam. Saat itu, semua penguasa di komunitas Islam mendapat "stempel" pengesyahan dari Turki. Jadi, seperti "Federasi" dengan negara-negara kecil dan Turki sebagai pusatnya. Negara-negara kecil itu sering di-supply oleh Turki baik dari sudut ekonomi maupun angkatan bersenjata. Lambat laun Turki "kedodoran" harus mengurusi semua itu, apalagi beberapa negara-negara kecil itu juga sedang berperang dengan negara barat yg ingin menjajah mereka. Turki tidak mungkin mengurusi semua problem itu. 

Dalam kondisi seperti ini, pada tahun 1924 Mustafa Kemal berpidato: "Saya harus akui bahwa dalam kondisi seperti ini, jika mereka mengangkat saya sebagai Khalifah, saya akan langsung berhenti....mereka yang mendukung Khilafah universal sejauh ini menolak untuk memberikan bantuan kepada Turki. lantas apa yang mereka harapkan? Masak Turki sendirian yang menanggung beban ini!".

Ketika Khilafah Usmani dibubarkan, para ulama di pelosok negeri terkejut dan mengecam Mustafa Kemal habis-habisan. Mereka menuduh Kemal dipengaruhi negara barat, Kemal sudah murtad, dst...Namun kitapun bertanya-tanya: kenapa nggak ada pemimpin di negara Islam lainnya yg kemudian mengambil alih tanggungjawab ke-khilafah-an tsb? Kenapa pemimpin Islam lainnya cuma mengecam dan tidak ada yang mengambil alih ke-khilafah-an itu?

Pertama, mereka sadar bahwa mengurus negeri mereka saja, mereka sudah setengah mati kepayahan. Masak mau ngurusin orang lain. Pada tahun 1924 itu ekonomi dunia juga belum sebaik sekarang. Teknologi dan transportasi belum secanggih sekarang. Komunikasi antar negara2 Islam masih memakai jalur tradisional. Indonesia pun belum merdeka saat itu. Nahdlatul Ulama baru berdiri dua tahun setelah khilafah bubar.

Kedua, para ulama Mesir berinisiatif membuat semacam Muktamar Dunia Islam tahun 1926 Sebagian ingin agar Raja Fuad (Mesir) dipilih menjadi khalifah. Namun Fuad menolak pencalonannya itu. Raja Husain dari Yordania kemudian mengirim telegram yg menyatakan dirinya sebagai khalifah, dan ia tidak mau mengakui orang lain sebagai khalifah. 

Syaukat Ali, seorang ulama besar India, menulis bahwa ia tetap mengakui bahwa Sultan Abdul Majid (khalifah yang dibubarkan oleh Kemal) sebagai khalifah yang sah. Tentu saja ulama lain dan penguasa negeri lain menolak klaim Raja Husain dan Syaukat Ali tsb. Muktamar akhirnya gagal mencapai kata sepakat dan Syaikh adh-Dhowahiri membubarkan acara tsb. Dan layar pun tertutup menutup episode khilafah ini. 

Untuk itu, meskipun dalam teori fiqh siyasah klasik seorang khalifah bisa dibai'at oleh 5 orang saja, dalam kenyataannya sulit sekali menjadi khalifah saat ini, dalam arti menjadi pemimpin seluruh negara Islam. Beban ekonomi yang harus ditanggung begitu besar. Belum lagi, beranekaragam mazhab, kepentingan, organisasi, partai dalam tubuh ummat Islam yg menghalangi itu semua. Jadi, sebelum terburu-buru menyalahkan politik barat yg konon ingin menghancurkan Islam, kita introspeksi 
saja kondisi ummat kita sendiri. 

Bagaimana soal kondisi ummat pasca-khilafah? Yang ada sekarang ialah negara-negara Islam yang dilandasi oleh nasionalisme Islam (Qaumiyah Islamiyah), yaitu negara nasional di mana Islam dijadikan sebagai agama resmi. Saudi Arabia, Mesir dan Pakistan misalnya, adalah negara nasional yang menjadikan Islam sebagai agama resminya. Kenyataan demikian ini (adanya beberapa negara nasional
Islam, ad-Duwal al-Islamiyah al-Qaumiyah) membawa kita kepada dinamika Fiqih Siyasah yang amat dinamis. Bentuk Kerajaan yang digunakan Saudi Arabia, berbeda dengan sistem yang dianut di Pakistan. Malaysia yang menganut sistem parlementer dengan Perdana Menteri berbeda dengan Indonesia yang menganut sistem presidensil yang dipimpin oleh presiden. Beda sistem, tentu beda pula cara memilih pemimpinnya. Walhasil Konstitusi dalam negara-negara Islam juga berbeda-beda isinya. Semua memilih bentuk kenegaraan yang paling maslahat untuk warga negaranya.

Di sini terjadi ketimpangan antara literatur fiqih siyasah klasik dengan perkembangan negara modern di dunia Islam. Literatur klasik masih bicara hal-hal seperti darul Islam, darul harbi, kafir dhimmi, kafir harbi, ba'iat, dan seterusnya padahal konsep khilafah telah berganti menjadi negara-bangsa, kategori kafir dhimmi berganti konsep kewarganegaraan, dan konsep ba'iat sudah diperluas dalam sistem pemilu yang berbeda-beda antara satu negara dengan lainnya. 

Banyak yang alpa bahwa pada jaman dinasti umayyah dan abbasiyah itu gak ada sistem pemilu seperti sekarang. Yang ada sistem kekeluargaan turun temurun mirip Saudi Arabia. Itu konteksnya para ulama membahas pengangkatan mereka yang tidak kompeten atau tidak taat (fasiq) sbg khalifah. Ya karena kadung sudah diangkat maka ulama bilang gak apa-apa lah daripada gak ada pemimpin. Yang penting jangan ada pemberontakan pada pemimpin yg sudah diangkat secara sah.

Ini tentu tidak cocok kalau dikaitkan ke jaman sekarang: biar saja gak kompeten, gak taat asalkan dia muslim ya kita terima saja sebagai pemimpin. Sekarang ada sistem pemilu dimana rakyat punya pilihan ya tentu saja beda konteksnya. Pemimpin sekarang bukan ditunjuk atas dasar nasab seperti jaman khilafah abbasiyah tapi dipilih langsung oleh rakyat. Rakyat berhak mendapat yang terbaik.

Pemisahan kekuasaan juga sudah terjadi, kalau dulu Khalifah menjadi pusat kekuasaan, sekarang kekuasaan sudah dipecah menjadi eksekutif, yudikatif dan legislatif. Ada mekanisme checks and balances di antara ketiga lembaga pemerintahan. Begitu juga masa jabatan pemimpin dibatasi di sejumlah negara serta presiden pun bisa di-impeach --sesuatu yang tidak ada presedennya di masa khilafah. 

Inilah potret situasi umat saat ini. Sudah selayaknya teks literatur fiqih siyasah diperbarui dan diupdate sesuai perkembangan zaman agar kita tidak kebingungan menjawab berbagai persoalan kenegaraan saat ini dengan merujuk pada literatur klasik yang dipengaruhi oleh situasi tempo doeloe. 

Mari kita ambil literatur lama yang masih relevan dengan kondisi sekarang dan menulis literatur baru yang lebih pas dengan kondisi politik umat saat ini. Maka kita akan lebih dinamis menjawab persoalan seperti syarat kepemimpinan, metode pemilihan, wewenang pemerintah, dan lainnya tidak semata-mata merujuk pada literatur fiqih siyasah klasik tetapi juga pada literatur modern tentang Konstitusi dan Sistem Pemerintahan. 

Inilah sebabnya Nahdlatul Ulama menganggap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai bentuk final. Tidak perlu ada upaya mengganti NKRI menjadi darul Islam atau sistem khilafah. Inilah ijtihad modern para ulama NU yang luar biasa. 

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Monash Law School




Umat Beragama Memang "Aneh"


Setiap kali mengunjungi Makah, Masjid Haram, dan ka'bah, saya selalu memperhatikan perilaku umat Islam yang "unik", "aneh", atau bahkan mungkin dianggap "gila" oleh kaum tertentu yang tidak familiar dengan tata-cara beribadah atau ritual kaum Muslim. 

Di Masjidil Haram misalnya, kita akan menyaksikan aneka-ragam ekspresi ibadah ribuan kaum Muslim. Ada yang berebut uyel-uyelan (dan bahkan sikut2an) untuk memegang ka'bah dan mencium si batu hitam keramat Hajar Aswad; ada yang menangis histeris; ada yang berdoa dengan khusyu di tempat2 sakral tertentu; ada yang muter-muter thawaf mengelilingi ka'bah berkali-kali sambil melafalkan berbagai kalimat pujian dan doa; ada yang mengantri mengambil "air suci" zam zam yang dipercaya sangat mujarab untuk mengobati penyakit apa saja. Daftar "keanehan" dan keunikan ini bertambah saat musim haji, misalnya jutaan umat Islam melempari "setan" dengan batu-batu kecil...

Sebagaimana umumnya umat Islam, saya juga tidak merasa unik, aneh, apalagi gila dengan berbagai ritual-keagamaan ini. Semuanya normal-normal saja. Jika kita memandang lumrah terhadap aneka ritual yang ita lakukan, maka begitulah umat beragama lain terhadap beragam ritual yang mereka lakukan. Jika kita menganggap ritual pengikut agama lain sebagai aneh dam gila, maka begitulah mereka juga menganggap ritual yang kita kerjakan itu aneh dan gila. Oleh karena itu hendaknya umat beragama harus saling menghormati ibadah ritual dan budaya masing2, jangan malah saling mengklaim, meledek, menuduh, menghina, dan melecehkan tata-cara ritual masing2 agama.

[prof.sumanto al qurtuby]