Thursday, September 29, 2016

Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Secara Alami


DUNIA HAWA - Flek hitam adalah salah satu masalah pada kulit wajah. Penyebab utama timbulnya flek hitam pada wajah adalah sekresi yang berlebihan yang dihasilakan dari melamin kulit, selain itu penyebab lainnya adalah tidak seimbanganya hormon pada tubuh, kehamilan, menopouse, kekurangan vitamin, kekurangan mineral, gangguan usus dan stress. Pada wajah bisa kamu lakukan dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan dibawah ini.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah


1. Menghilangkan Flek Hitam Dengan Jeruk Lemon (Jeruk Sitrus)



Buah pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah adalah jeruk lemon. Pada jeruk lemon mengandung asam sitrat. Asama sitrat berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati serta membantu menumbuhkan sel-sel kulit yang baru selain itu fungsi lainnya adalah membantu mencerahkan kulit wajah. Namun ada sedikit efek samping yang timbul, tapi tidak separah yang ditimbulkan dengan menggunakan zat kimia. Biasanya eek samping yang akan dirasa oleh penggunanya adalah kemerahan pada kulit yang bersifat sementara dan kulit wajah merasa terbakar. Hal tersebut wajar, karena lemon memiliki sifat asam yang jika terkena kulit yang luka atau bermasalah akan mengakibatkan hal tersebut.

Cara menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan flek hitam pada wajah adalah pertama-tama peras buah lemon menggunakan saringan dan taruh pada wadah seperti mangkuk. Setelah itu ambil kapas bola dan tuangkan perasan lemon pada kapas tersebut. Lalu oleskan ke wajah, jika sudah merata diamkan hingga mengering selanjutnya bilas dengan air bersih. Untuk sementara waktu jangan biarkan wajah terkena sinar matahari dahulu, karena akan membuat kulit wajah menjadi sensitif.

2. Menghilangkan Flek Hitam Dengan Buah Pepaya


Buah pepaya mengandung papain. Papain adalah salah satu enzim yang memampu memproduksi sel-sel kulit baru, selain itu papain juga dapat menghambat enzim tirosinase yang berfungsi untuk menghasilkan melamin pada kulit. Untuk cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan pepaya adalah ambil buah pepaya lalu menjadi beberapa potongan setelah itu haluskan buah pepaya, setelah itu balurkan kepada bagian wajah yang mengalami flek hitam. Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas wajah dengan air bersih yang mengalir. Selain daging buah pepaya yang memliki manfaat untuk wajah, kulit buah pepaya pun bisa kalian manfaatkan untuk menjadi scrub pada lutut dan siku tangan.

3. Menghilangkan Flek Hitam Dengan Kentang



Kentang merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Serikat yang pada saat ini menjadi salah satu makan pokok bagi di Eropa. Pada kentang banyak mengandung minyak lemak esensial, kaya vitamin dan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan seng. Selain itu, pada kentang juga mengandung vitamin C, B kompleks. Kentang dapat merangsang kolagen dan elastin sintesis.

Untuk menghilangkan flek hitam dengan kentang, gunakan 2-3 buah kentang lalu parut kentang, tambahkan sedikit air, peras parutan kentang dengan penyaring yang bersih. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis serta 1 sendok madu kedalamnya. Lalu oleskan pada bagian yang berbintik hitam pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Menghilangkan Flek Hitam Dengan Kulit Buah Semangka


Buah selanjutnya yang mampu menghilangkan flek hitam dengan cepat adalah semangka, untuk buah semangka yang kita butuhkan hanyalah kulitnya saja, Kulit buah semangka dipercaya cara paling cepat untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Itu karena, di dalam kulit semangkat kaya akan serat dan mengandung vitamin A, B dan C. Cara menggunakanya adalah iris buah semangka dan ambil kulitnya saja, setelah itu usapkan bagian dalam kulit secara perlahan ke wajah yang berbintik hitam, setelah itu diamkan sekitar 15 menit lalu bilas.

5. Menghilangkan Flek Hitam Dengan Minyak Cendana



Cendana atau Cendana wangi merupakan salah satu pohon yang menghasilkan kayu cendana dan minyak cendana. Kayu ini berasalah dari Mysoram, India. Minyak cendana berkhasiat sebagai anti septik dan anti penuaan pada kulit wajah.  Untuk penggunaan pada kulit wajah, kamu bisa menambahkan seperti air mawar daj jus lemon. Lalu usapkan kebagian wajah yang memiliki flek hitam. Diamkan hingga mengering setelah itu bilas hingga bersih.

Oke itu dia beberapa tips perawatan wajah untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Agar hasil maksimal lakukan secara rutin dan terus menerus. Flek hitam memang tidak mudah dihilangkan akan tetapi dengan melakukan perawatan diatas seiring berjalannya waktu, flek hitam pada wajah akan menghilang.

[dh©]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment